Ini Kemungkinan Tipe Harley-Davidson yang Diselundupkan Dirut Garuda

Ini Kemungkinan Tipe Harley-Davidson yang Diselundupkan Dirut Garuda
Jumat, 6 Desember 2019 06:00
Suryo Sudjatmiko

Saat ini Garuda Indonesia tengah berada di kisaran skandal penyelundupan motor Harley Davidson. Kasus ini telah menyeret sejumlah nama termasuk Direktur Utama maskapai bereplat merah tersebut.

Disinyalir Harley-Davidson yang dibawa secara illegal menggunakan pesawat gress Airbus A330-900 Neo itu merupakan type lawas Electra-Glide, artinya memang bukan tipe motor baru dan masuk dalam kondisi terurai.

Dugaan tipe Electra-Glide ini semakin kuat dengan berdasar pada pengamatan foto yang tersedia. Menurut Willy Purnama Hadi Surya, salah satu mekanik restorasi motor lawas di kota Bandung, motor ini menggunakan mesin tipe Shovelhead yang juga digunakan pada tipe Electra-Glide yang diperkirakan merupakan rakitan akhir tahun 60-an atau awal 70-an.

“Dipastikan bahwa mesin yang nampak adalah Shovelhead yang dipakai Harley-Davidson mulai tahun 1966 hingga 1984. Sedangkan jika melihat dari kerangka, mungkin merupakan tipe FLH Electra-Glide,” jelas pria berkaca mata minus ini.

Mengenai FLH Electra-Glide sendiri merupakan salah satu motor kelas Cruiser legendaries dari pabrikan yang didirikan sejak 1903 ini.

Diproduksi mulai tahun 1965 hingga 1993 dan menjadi motor pertama Harley-Davidson yang dilengkapi dengan starter elektrik. Sepanjang masa produksinya, Electra-Glide dijejali dengan tiga jenis mesin yakni Panhead di awal masa produksinya, kemudian disusul dengan menggunakan mesin Shovelhead. Kedua mesin ini memiliki volume silinder 1.200 cc. Sedangkan mesin ketiga adalah Evolution Engine dengan kapasitas 1.340 cc.

herlay

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.