Mengenal Jawa Motorcycle, Apakah Pabrikan Motor asal Indonesia?

Mengenal Jawa Motorcycle, Apakah Pabrikan Motor asal Indonesia?
Rabu, 20 November 2019 08:00
Thio Pahlevi

Merek motor Jawa Motorcycles Classic Legend baru saja meluncurkan produk terbarunya bernama Jawa Perak. Motor ini dibekali mesin empat-tak, DOHC, satu silinder berkapasitas 334 cc dengan knalpot ganda. 

Berkat mesin tersebut, tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 30 Bhp dan torsi maksimumnya 31 Nm. Motor bergaya bobber ini dijual di India dengan banderol seharga 1,94,500 Rupee atau setara dengan Rp 38 jutaan.

Jawa Motor

 

Nah, apa arti nama Jawa pada merek tersebut? Apakah ada hubungannya dengan Pulau Jawa atau bahkan Indonesia?

   Baca Juga: Inovator Knalpot Racing Termignoni Meninggal Dunia

Nama Jawa ternyata merupakan singkatan dari Jani?ek dan Wanderer. Jani?ek merupakan nama dari seorang pria kelahiran Republik Ceko, 23 Januari 1878 dengan nama lengkap František Jane?ek. Ia merupakan seorang ahli mekanik dan desain yang juga sudah mematenkan lebih dari 60 penemuan saat Perang Dunia I. 

Jawa Motor

 

Sementara itu, Wanderer sendiri adalah perusahaan bisnis sepeda motor dari pabrikan Jerman, Winklhofer & Jaenicke yang dibeli oleh Jani?ek. Motor pertama yang dibuat oleh pabrikan Jawa Motorcycles adalah Jawa 500 OHV.

   Baca Juga: Ini Produk yang Mampu Tingkatkan Performa Pengapian Skuter Matik

Tak hanya itu, sejak kemunculan Jawa 500 OHV, pabrikan ini terus menghadirkan produk terbarunya. Produk tersebut yakni Jawa 175 pada tahun 1933, Jawa 350 SV pada tahun 1939, Jawa Perak pada tahun 1946, hingga Jawa 500 OHV twins bermesin 4-tak pada 1952.

Saat ini, Jawa Motorcycles Classic Legend memiliki beberapa line up yang juga tetap mempertahankan gaya retronya. Selain Jawa Perak, ada juga Jawa, Jawa Fourty Two, dan Jawa 90th Anniversary Edition.

Jawa Motor

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.