NCAP Luncurkan Kampanye Keselamatan Berkendara di Indonesia

NCAP Luncurkan Kampanye Keselamatan Berkendara di Indonesia

Pertama kalinya di Indonesia, Global New Car Assessment Progarm (Global NCAP) membuat kampanye #StopTheCrash di Indonesia. Kampanye yang diluncurkan di Bali ini bekerjasama antara Global NCAP dan Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS). Kampanye tersebut akan memfokuskan keselamatan berkendara dengan menggunakan sejumlah teknologi pada kendaraan bermotor.

Latar belakang diluncurkannya kampanye ini, dikarenakan banyaknya kecelakaan sepeda motor di Indonesia dan Asia. Kampanye ini pun akan mengedepankan pentingnya penggunaan Anti-lock Breaking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Autonomus Emergency Braking (AEB), dan Blind Spot Detection (BSD).

   Baca Juga: Konsumen Honda Big Bike Mendapatkan Bekal Safety Riding

"Pertama kalinya kami membawa kampanye Stop The Crash ke Indonesia. Diselenggarakan dalam kemitraan dengan ASEAN NCAP dan MIROS, acara demonstrasi kami menunjukkan bagaimana teknologi penghindaran kecelakaan yang menyelamatkan jiwa seperti ESC dan AEB," ujar David Ward selaku Presiden Global NCAP dan Ketua Stop The Crash Partnership seperti dikutip dari website Global NCAP.

Kampanye #StopTheCrash

 

David pun menyebutkan dirinya akan memfokuskan sejumlah teknologi keselamatan dalam kampanye ini #StopTheCrash. Teknologi-teknologi ini memang memiliki potensi untuk menyelamatkan ribuan nyawa. PBB pun telah mengembangkan standar internasional untuk membantu negara-negara di dunia mengembangkannya. Termasuk Indonesia yang ditunjuk untuk mengambil peran kepemimpinan bagi benua Asia dalam mengkampanyekan teknologi kesematan.

   Baca Juga: Instruktur Safety Riding Indonesia Kembali Berjaya di Jepang

"Kami akan menempatkan fokus khusus pada teknologi yang membantu melindungi pengendara sepeda motor, sistem seperti peringatan Blind Spot untuk pengemudi mobil dan ABS untuk pengendara sepeda motor. Ini adalah sistem keselamatan yang sangat penting di Indonesia dan di seluruh wilayah ASEAN. Di mana pengendara sepeda motor dan moped secara tidak proporsional terwakili dalam kecelakaan lalu lintas," lanjut David.

Dengan banyaknya kecelakaan sepeda motor di wilayah ASEAN, tentunya menjadi perhatian utama kampanye ini. Selain menggaungkan teknologi-teknologi keselamatan berkendara itu. #StopTheCrash juga mendorong tindakan legislatif agar teknologi tersebut akan lebih mudah tersedia untuk konsumen.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id