Profil Vespa Penuh Kenangan Jusuf Kalla

Profil Vespa Penuh Kenangan Jusuf Kalla

Akhir pekan lalu tepatnya Minggu (20/10) secara resmi menjadi akhir masa Jusuf Kalla (JK) menjabat Wakil Presiden (Wapres) Indonesia. Jabatan Wapres kemudian dilanjutkan oleh KH Ma'ruf Amin untuk mendampingi Joko Widodo di periode kedua kepemimpinannya.

Di akhir acara perpisahan yang digelar di kawasan Cimanggis, Jawa Barat, JK mendapat kenang-kenangan sebuah Vespa klasik model Excel berwarna biru. Vespa sendiri menjadi simbol saat JK dan istrinya sama-sama menjalin asmara ketika keduanya masih berada di bangku sekolah.

   Baca Juga: Peugeot Hadirkan Varian dan Warna Baru untuk Model Django

   Baca Juga: Jelang MotoGP Motegi, Valentino Rossi: Kami Berusaha Selesaikan Masalah Motor

Vespa JKFoto: Istimewa

 

Meskipun tergolong motor tua, Vespa Excel dibekali mesin yang cukup mumpuni. Skuter asal Italia ini menggendong mesin 150 cc 2-tak dengan pendingin udara. Tenaga yang dihasilkan mesin ini kemudian disalurkan melalui sistem transmisi manual 4-percepatan dengan tipe kopling basah.

Terakhir kali, Vespa Excel diproduksi tahun 2007. Masalah polusi udara juga menjadi salah satu penyebab dihentikannya produksi motor dengan sistem pembakaran 2-langkah.

Meskipun sudah tak lagi diproduksi, Vespa Excel masih memiliki harga yang cukup tinggi di situs jual beli motor bekas. Hal ini juga sebagai imbas dari kembali ramainya pengguna motor-motor lawas 2-tak. Berdasarkan pantauan OtoRider di sejumlah situs jual beli online (19/10), harga Vespa Excel bekas berkisar mulai dari Rp 6 jutaan hingga Rp 19 jutaan. Semakin muda tahun keluarannya, harganya juga semakin mahal.

Detail spesifikasi Vespa Excel:

Mesin: 150 cc, 2-tak, Pendingin udara
Bore x Stroke: 57,0 mm x 58,0 mm
Transmisi: Manual 4-percepatan, Kopling Basah
Suspensi: Trail Link Suspension (Depan), Single Shockbreaker (Belakang)
Sistem Pengapian: CDI
Rangka: monocoque
Berat: 116 kg
Rem Depan dan Belakang: Tromol
Ukuran Ban Depan & Belakang: 350-R10 inchi
Jenis Aki: Basah 12 V
Kapasitas Tanki: 5 liter
Kapasitas Oli Samping: 1,2 liter

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id