United Bike: Perpres Bikin Kami Berani Membuat Motor Listrik

United Bike: Perpres Bikin Kami Berani Membuat Motor Listrik

United Bike tengah menunjukkan kebolehannya dalam membuat motor listrik di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, United Bike langsung memperkenalkan 6 model motor listrik sekaligus di ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019. Padahal sebelumnya, United Bike terkenal dengan sepeda gunungnya dan sepeda listrik.

Andry Dwinanda selaku Manager Electric Bike Division United Bike mengatakan pihaknya melanjutkan pengembangan motor listrik pada akhir 2018. Pengembangan dilakukan seiring dengan adanya kabar mengenai regulasi motor listrik dari Pemerintah Indonesia. Hingga akhirnya keluar Peraturan Presiden (PerPres) mengenai kendaraan listrik yang sangat mendorong United Bike untuk membuat motor listrik.

   Baca Juga: Mengenal Motor Listrik United Bike TypeMG1 yang Mirip dengan Honda PCX Lawas

"Iya (PerPres) sangat mendorong, akhirnya kami berani untuk tampilkan. Makanya ini sudah ada sekian model dan ada harganya juga," ujar Andry saat ditemui OtoRider di IEMS 2019, Kamis (5/9).

Andry pun menyebutkan beberapa peraturan yang telah dikeluarkan sangat membantu baik dari sisi industri maupun dari sisi penggunanya. Dari sisi industri lebih pada perihal insentif, sedangkan ke pengguna dapat mengurangi beberapa kekhawatiran sekaligus menawarkan keuntungan lain.

Motor Listrik United Bike

"Buat kami melihatnya Pemerintah mau mendukung industri maupun pengguna. Dari sisi pengguna, kekhawatiran mereka bisa terjawab melalui peraturan yang dihadirkan, seperti charging station dan parkir gratis. Sementara kalau ke industri sebenernya sih ada beberapa seperti insentif," pungkas Andry.

United Bike telah memperkenalkan sejumlah model motor listrik. Terdapat enam unit yang diperkenalkan, yakni TypeM yang dibanderol dengan harga Rp 11.900.000, TypeB dengan harga Rp 8.799.000, TypeT seharga Rp 18.900.000, TypeMG1 seharga Rp 26.900.000. Sedangkan dua model lain yakni TypeX dan TypeG belum dijual kepada pasar.

   Baca Juga: Merambah ke Motor Listrik, United Bike Perkenalkan 6 Produk Sekaligus di IEMS 2019

Harga yang tertera di atas belum termasuk Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Andry menyebutkan hingga kini produk motor listrik United Bike memang sedang melakukan uji tipe. Sehingga harga yang dibanderol belum termasuk harga plat nomor dan STNK.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id