3 Solusi Membeli Motor Matic 125 cc Bekas

3 Solusi Membeli Motor Matic 125 cc Bekas

Beragam merek dan model motor kini tersedia dengan dua macam pilihan pembelian, baru atau bekas. Kedua pilihan ini kerap dipertimbangkan karena dengan budget yang sama, calon pembeli bisa mendapatkan hasil yang berbeda.

Jika membeli motor baru, tentu saja kualitasnya masih sesuai standard pabrikan. Sedangkan, berbekal harga yang sama seperti motor baru, Anda bisa mendapat motor bekas dengan kelas yang berbeda.

Nah, kali ini OtoRider akan berbagi solusi membahas bagaimana cara membeli motor matic 125 cc bekas. Mulai dari cara memilih motor dengan budget yang sesuai, surat-surat, dan lain sebagainya. Tentunya bukan hanya cara membelinya, tetapi juga merawatnya setelah melakukan pembelian.

Sebelumnya, kami telah melakukan pengetesan pada unit motor All New Honda Vario 125 CBS yang menjadi kendaraan operasional redaksi OtoRider setelah digunakan selama setahun. Meskipun performanya masih mumpuni, namun harga jual kembalinya cukup jauh turun.

Untuk mengetahui kondisi aktualnya di pasar, OtoRider pun melakukan riset ke beberapa pedagang motor bekas. Hasilnya, ternyata All New Honda Vario 125 CBS bekas memiliki banderol harga yang mirip dengan motor 110 cc baru, All New Honda
BeAT misalnya.

Mengacu pada hal tersebut, artinya Anda bisa mendapatkan motor dengan mesin dan fitur satu tingkat lebih tinggi dibandingkan motor baru 110 cc di rentang harga yang sama. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli motor matic 125 cc bekas?

Mari kita simak solusinya

Solusi 1: Perhatikan Jarak Tempuh
"Lihat jarak tempuh kilometernya melalui odometer. Cek juga riwayat perawatan motor tersebut. Bagian bodi bisa dilihat apakah masih mulus atau tidak. Jika kurang mengerti soal motor, disarankan bawa mekanik untuk memeriksa kondisi motor," ungkap Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok pada OtoRider.

Solusi 2: Periksa Kelengkapan Dokumen Motor Matic
Tak hanya itu, kelengkapan dokumen motor juga perlu diperiksa. Hal ini pun dijelaskan oleh Bagas Wisnu Wargito selaku tenaga penjual di showroom motor bekas Sukses Motor, Kelapa Dua, Depok.

"Kalau mau membeli motor bekas, mending langsung ke showroom saja. Terus juga kalau beli secara online, jangan tergiur dengan harga yang murah. Selain itu, cek dulu nomor mesin dan nomor rangkanya benar enggak. Dilihat juga dari STNK-nya, surat-suratnya, kesesuaian dengan pemiliknya," ujar Bagas.

Solusi 3: Perhatikan Perawatan Motor Matic setelah Pembelian
Setelah memutuskan untuk membeli motor bekas, Anda juga tetap harus memerhatikan perawatan rutin setelahnya. Ini diperlukan agar kondisi motor tetap awet dan terjaga performanya.

Perawatan paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah mengganti oli mesin serta servis secara berkala. Hal ini pun sudah kami buktikan pada unit motor All New Honda Vario 125 CBS.

Salah satu oli yang cocok dan bisa menjadi solusi untuk motor matic adalah oli Federal Matic 30 dari Federal Oil yang memiliki tingkat kekentalan 10W-30 JASO MB. Oli tersebut bahkan sempat tim OtoRider dan beberapa komunitas motor Honda uji dalam kegiatan Sunmori bertajuk 'Coolest Matic Challenge'. Hasilnya, suhu mesin tetap stabil dan tarikan motor tetap enteng meskipun diajak berputar-putar di tengah panas dan macetnya kota Jakarta.

Jadi, mulai sekarang harus cermat pilih oli mesin agar performa motor matic tetap optimal.

Federal Matic solusi motor matic! Coba aja!

Showroom motor bekas

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id