Bagaimana Etika Konvoi Bersama Club Atau Komunitas Motor?

Bagaimana Etika Konvoi Bersama Club Atau Komunitas Motor?
Senin, 2 November 2020 10:00
Brian

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu terjadi insiden antara pengendara motor dengan prajurit TNI di Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Diketahui, pengendara motor tersebut sedang melakukan group touring. Lantas bagaimana etika berkendara secara rombongan ketika melakukan group touring?

Joel Mastana selaku Sekretaris Ikatan Motor Indonesia Pusat mengatakan etika konvoi bisa dipelajari dari hal yang mendasar. Menurutnya pemahaman pertama bukan hanya dari konvoinya, tetapi dari anggota club itu sendiri. Dirinya menyebutkan, anggota harus disaring terlebih dahulu sebelum memasuki sebuah club atau komunitas.

   Baca Juga: FDR Hadirkan Dua Seri Ban Terbaru, Ultimate dan Champion

"Pertama bukan hanya dari konvoinya tetapi setiap calon anggota maupun member club dia harus difilterisasi. Motornya ikut club heterogen atua campur, lalu jenisnya apa. Disitu selain dilatih skillnya harus tahu soal aturan berlalu lintas dan berbagi jalan," ujar Joel saat dihubungi OtoRider, Senin (2/11).

Riding Harley-Davidson Wanita

 

Menurut Joel, masalah yang terjadi di Bukit Tinggi beberapa waktu lalu itu bukan hanya kesalahan oknum. Dirinya menyebutkan terdapat andil pemerintah karena minimnya sosialisasi, aturan, dan tata cara berlalu lintas. Penegakkan hukum di Indonesia dirasanya juga kurang maksimal.

   Baca Juga: GALERI: Piaggio Medley S 150 ABS, Skutik Premium Rasa Eropa

"Seharusnya penegak hukum semua sirine-sirine strobo udah disikat semua, kan gitu. Kalau motor biasa knalpot dirazia, kenapa motor besar knalpot engga dirazia?," pungkasnya.

Joel pun menyebutkan karena kondisi tersebut, dirinya membuat standarisasi tata cara mengemudi berkelompok. Standarisasi itu akan rilis pada November 2020 ini yang akan tayang di Youtube IMI dan bisa di unduh secara gratis di website IMI. Disebutkan didalamnya telah tertulis secara jelas mengenai persiapan group touring.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.