Bukan Hanya Vario, Yamaha Xabre Juga Ditiru Pabrikan Cina

Bukan Hanya Vario, Yamaha Xabre Juga Ditiru Pabrikan Cina

Sebelumnya telah diberitakan sebuah pabrikan motor di Cina yang menjual skutik mirip Honda Vario 125, yakni Chonqing Xcross. Mereka menjual produk Happy 125 yang identik dengan skutik Honda tersebut. Ternyata, pabrikan ini juga menjiplak desain dari pabrikan lain, seperti Yamaha Xabre salah satunya.

Berdasarkan penelusuran OtoRider ke situs Chongqing Xcross, terdapat salah satu produk dengan nama CAT 200. Jika diperhatikan, desainnya sangat mirip dengan Yamaha Xabre yang saat ini masih dipasarkan. Hal ini terlihat dari desain lampu depannya hingga ke lekukan garis bodi belakang.

   Baca Juga: Motor Cina Mirip Honda Vario, Harganya Cuma RP 4 Jutaan

Meskipun secara desain CAT 200 mirip dengan Yamaha Xabre, tetapi secara spesifikasi terdapat perbedaan yang signifikan. CAT 200 memiliki mesin 197 cc, SOHC, satu silinder, serta berpendingin udara. Dengan spesifikasinya, mesin tersebut hanya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 14,7 dk di 7.500 rpm dan torsi 14,5 Nm di 6.000 rpm.

Chongqing XCross CAT 200

Sedangkan, pada Yamaha Xabre memiliki spesifikasi mesin 150 cc, bersilinder tunggal, SOHC, dan berpendingin cairan. Spesifikasinya membuat motor ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 16 dk di 8.500 rpm dan torsi 14,3 Nm di 7.500 rpm. Di atas kertas memang terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya.

   Baca Juga: Segera Hadir di Indonesia, Ini Bocoran Desain Terbaru Bajaj Pulsar RS400

Uniknya, pada situs jual beli Alibaba, Chongqing XCross CAT 200 dibanderol hanya dengan harga USD 650-750 saja. Jika dikonversikan ke dalam rupiah, maka dijual dalam rentang harga Rp 9,5-11 jutaan saja. Sementara Yamaha Xabre dibanderol dengan harga Rp 30 juta untuk on the road Jakarta.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id