Detail Spesifikasi All New BeAT Series, Apa Saja yang Baru?

Detail Spesifikasi All New BeAT Series, Apa Saja yang Baru?

Generasi kelima Honda BeAT Series resmi diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Kali ini, sejumlah pembaharuan diberikan pada matik entry level Honda tersebut, mulai dari mesin, rangka, serta fitur.

Hadir pertama kali pada 2008 silam, saat ini All New Honda BeAT telah menggunakan teknologi rangka terbaru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang serupa dengan Honda Genio. Berkat penggunaan rangka tersebut, kapasitas bagasi menjadi lebih luas, yakni 12 liter serta tangki bahan bakar menjadi 4,2 liter.

Meskipun menggunakan basis rangka yang sama dengan Genio, generasi BeAT terbaru ini tetap mempertahankan desain ramping dan dinamisnya. Desain ini tetap mendukung kelincahan dan kenyamanan saat berkendara. 

   Baca Juga: Penyebab Motor Matic Alami Kendala Gredek

"Sebagai motor skutik Honda terlaris di dunia, motor ini memiliki perubahan platform secara keseluruhan, seperti mesin, rangka baru, desain, performa, dan fitur terbaru. Generasi terbarunya memiliki desain yang semakin compact dan stylish, didukung rangka baru eSAF yang lincah dan mudah dikendalikan, mesin berperforma tinggi,  irit, serta dapat mengekspresikan keceriaan penggunanya," kata Toshiyuki Inuma, President Director AHM.

Beralih ke bagian dapur pacu, motor ini dibekali mesin baru berkapasitas 110 cc dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Berkat mesin tersebut, tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 8,85 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Rangka eSAF Honda Pabrik Karawang

 

Tak hanya itu, mesin baru ini juga menghasilkan pembakaran yang lebih ramah lingkungan dengan standard emisi Euro 3. Teknologi baru ini juga membuat mesin eSP lebih irit dalam penggunaan bahan bakar. Berdasarkan hasil pengetesan AHM dengan metode ECE R40, konsumsi bahan bakar All New Honda BeAT series ini mencapai 60,6 km/liter dengan fitur ISS (Idling Stop System) menyala.

Di atas kertas, BeAT terbaru ini mampu berlari dari 0-200 m dalam waktu 12,5 detik. Kecepatan puncaknya sendiri mampu mencatat 94 km/jam.

All New Honda BeAT Series 2020

 

Sementara itu, motor ini pun sudah dilengkapi dengan beberapa fitur terkini. Pada varian CBS-ISS telah disematkan fitur ISS dan ACG Starter. Varian ini juga dibekali dengan power charger pada Inner Rack kanan depan.

   Baca Juga: Hati-Hati, Simak Tips Berikut Sebelum Beli Motor Bekas

Di sektor pencahayaan, lampu depan sudah menggunakan LED, sedangkan lampu belakang dan seinnya masih bohlam biasa. Di bagian panel instrumen menggunakan fitur Combined Digital Panel Meter yang menyediakan informasi, seperti penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar, serta fitur indikator ECO. 

All New Honda BeAT hadir dalam dua tipe yakni CBS dan CBS-ISS dengan total 9 varian warna. Varian CBS terdapat 4 pilihan warna yakni Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black. Untuk varian CBS-ISS hadir dengan 3 pilihan warna, yakni Garage Black, Electro Blue Black dan Fusion Magenta Black. Sementara itu, varian Deluxe terdiri dari dua pilihan warna, Deluxe Black dan Deluxe Silver.

Data Spesifikasi All New Honda BeAT Series 2020: 

P X L X T: 1.877 x 669 x 1.074 mm (BeAT), 1.877 x 742 x 1.030 mm (BeAT Street)

Jarak Sumbu Roda: 1.256 mm

Jarak terendah ke tanah: 147 mm
Tinggi tempat duduk: 740 mm
Berat: 89 kg (CBS), 90 kg (CBS-ISS), 89 kg (Street)
Kapasitas Tanki Bensin: 4,2 L
Rangka: eSAF (enhanced Smart Architecture Frame)
Kapasitas bagasi: 12 liter

Mesin: 4-Langkah, SOHC, eSP
Kapasitas: 109,5 cc
Diameter x Langkah: 47,0 x 63,1 mm

Perbandingan Kompresi: 10,0 : 1
Daya Maksimum: 8,85 dk (9,0 PS)/ 7.500 rpm
Torsi Maksimum: 9,3 Nm/ 5.000 rpm

Sistem Bahan Bakar: Injeksi (PGM-FI)
Transmisi: Otomatis, V-Matic
Tipe Kopling: Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Busi: NGK MR9C-9N

Starter: Elektrik dan Kick Starter
Sistem pengapian: Full Transisterized
Kapasitas oli: 0,65 liter

Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Lengan Ayun dengan perdam kejut tunggal
Ban Depan: 80/90 -14 M/C - Tubeless
Ban Belakang: 90/90 - 14 M/C -Tubeless

Rem Depan: Cakram hidrolik, piston tunggal
Rem Belakang: tromol
Sistem pengereman: Combi Brake System (CBS)

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id