Hati-Hati, Simak Tips Berikut Sebelum Beli Motor Bekas

Hati-Hati, Simak Tips Berikut Sebelum Beli Motor Bekas
Kamis, 16 Januari 2020 11:00
Thio Pahlevi

Motor bekas dengan kualitas baik bisa secara mudah didapatkan jika teliti saat membelinya. Terlebih lagi, ketika hendak memboyong motor tipe matik tak hanya mesin yang perlu diperiksa, tetapi ada juga komponen CVT (Continuously Variable Transmission).

Nah, jadi apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli motor matik bekas?

   Baca Juga: Budget RP 16 Juta, Pilih BeAT Baru atau Vario 125 Bekas?

"Pertama itu dicoba dulu ya yang penting. Cek ada getaran di bagian CVT atau enggak. Untuk mesin, bisa didengar kondisinya halus atau enggak. Kalau ada getaran dan tenaganya berat, biasanya itu bagian CVT-nya yang berpengaruh.," jelas Adih, Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

Showroom motor bekas

Selain pengecekan CVT, pemeriksaan bisa dilanjutkan ke kondisi serta riwayat penggunaan motor. Kemudian, periksa juga ke bagian-bagian bodi untuk mendeteksi apakah motor pernah terjatuh sebelumnya.

"Lihat jarak tempuh kilometernya melalui odometer. Cek juga riwayat perawatan motor tersebut. Bagian bodi bisa dilihat apakah masih mulus atau tidak. Jika kurang mengerti soal motor, disarankan bawa mekanik untuk memeriksa kondisi motor," jelas Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok pada OtoRider.

   Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Shock Breaker Ohlins untuk Yamaha NMax 155

Terakhir, kelengkapan dokumen motor pun perlu diperiksa. Tak hanya itu, sebaiknya juga jangan tergoda dengan banderol yang murah.

"Kalau mau membeli motor bekas, mending langsung ke showroom saja. Terus juga kalau beli secara online, jangan tergiur dengan harga yang murah. Selain itu, cek dulu nomor mesin dan nomor rangkanya benar enggak. Dilihat juga dari STNK-nya, surat-suratnya, kesesuaian dengan pemiliknya," ujar Bagas Wisnu Wargito, tenaga penjual di showroom motor bekas Sukses Motor pada OtoRider di Kelapa Dua, Depok.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.