Engine Check All New NMax Menyala Karena Kebiasaan Pengendara

Engine Check All New NMax Menyala Karena Kebiasaan Pengendara

Belakangan ini beredar informasi mengenai indikator engine check pada Yamaha All New NMax yang menyala. Banyak yang mempertanyakan hal ini, mengingat skutik 155 cc itu merupakan produk yang baru diluncurkan. Terkait kejadian ini, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg selaku agen pemegang mereknya pun buka suara.

M Abidin selaku General Manager Aftersales & Motorsport menjelaskan check engine pada Yamaha All New NMax menyala karena kebiasaan pengendara. Dirinya menyebutkan telah melakukan simulasi terkait kejadian ini. Hasilnya, check engine menyala karena pengendara mematikan mesin menggunakan side stand alias standar motor.

Yamaha All New Nmax engine check

 

"Saya sudah simulasikan, ternyata saat motornya menyala, mematikannya itu tidak menggunakan main switch tetapi menggunakan side stand. Kemudian mematikan menggunakan side stand itu diinformasikan kepada ECU. Setelahnya engine warning light menyala karena mengira adanya malfunction," ujar Abidin di Jakarta, Senin (3/2).

   Baca Juga: CustoMAXI x Yamaha Heritage Built Akan Kunjungi Bali

Ridwan Arifin selaku Service Education PT YIMM menjelaskan, untuk mengatasinya konsumen cukup dengan membawa motor ke bengkel resmi Yamaha. Di bengkel resmi, motor akan dikoneksikan kepada Yamaha Diagnostic Tools (YDT) untuk mendeteksi masalah. Setelah masalah terdeteksi, mekanik akan menghapus error engine check tersebut agar tidak kembali muncul di instrumen indikator.

Yamaha All New Nmax engine check

 

"Masalah tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap mesin. Jadi mesin masih bisa nyala, masih bisa jalan, dan masih bisa digunakaan keadaan normal. Jadi engga usah khawatir, konsumen masih bisa ke bengkel resmi untuk dilakukan penghapusan. Setelah itu indikator akan normal kembali," ujar Ridwan di kesempatan yang sama.

   Baca Juga: Gosip Yamaha Akan Luncurkan XSR250 Tahun Ini

Pihak YIMM sendiri mengaku masalah ini tidak terjadi pada semua produk Yamaha All New NMax. Hingga saat ini, pabrikan biru itupun masih melakukan evaluasi terkait hal tersebut. Soal penanganannya, Yamaha menjamin konsumen tidak akan dikenakan biaya sepeserpun untuk menghilangkan indikator engine check yang error.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id