First Ride: Skutik Mungil Bertenaga, Kymco GP 125

First Ride: Skutik Mungil Bertenaga, Kymco GP 125

Kymco melalui PT Smart Motor Indonesia beberapa waktu lalu menghadirkan dua skutik barunya, yakni X-Town 250i dan GP 125. Usai merasakan X-Town 250i, kini OtoRider berkesempatan untuk mencicipi langsung skutik mungil asal Taiwan, GP 125. Lantas, seperti apa performa serta impresi dari skutik tersebut?

Saat pertama kali dinaiki, jok GP 125 terasa tanggung dan terkesan kecil. Hal tersebut ditambah dengan posisi duduk yang kurang nyaman akibat jok tak menopang bagian paha dengan sempurna. Sehingga, pengendara berpostur sekitar 175 cm seolah tengah berjongkok di motor ini. Namun, joknya terasa empuk, baik di bagian pengendara maupun pembonceng.

   Baca Juga: Harga Terbaru Honda Vario 125 dan 150 per Oktober 2020

Selanjutnya, kunci kontak diputar dan mesin dinyalakan. Saat kunci kontak dalam posisi on, terlihat jelas bagian panel instrumen dari GP 125 yang menggunakan perpaduan analog dan digital. Informasi yang ditampilkan pun cukup lengkap, mulai dari penunjuk kecepatan, indikator bensin, jam, takometer, odometer, hingga lampu indikator peringatan penggantian oli serta servis berkala.

Panning Kymco GP 125

 

Ketika tombol starter ditekan, mesin berkubikasi 125 cc, SOHC, FI, serta berpendingin udara ini menghasilkan tenaga sebesar 8,7 dk pada 8.500 rpm dan torsi 9,1 Nm pada 6.500 rpm. Lalu, bagaimana implementasi dari angka tersebut di jalanan?

Saat tuas gas diputar, tenaga yang dihasilkan motor ini pun cukup mumpuni meskipun hanya bermesin 125 cc. Tarikan tenaga di setiap putaran mesinnya seolah selalu mengisi. Sehingga, akselerasi dari 0-60 km/jam pun dapat diraih dengan mudah.

Berdasarkan hasil pengetesan menggunakan peranti Race Logic Performance Box, GP 125 ini bahkan mampu berlari dari 0-60 km/jam dalam waktu 8 detik. Untuk putaran menengahnya, yakni 40-60 km/jam diraih hanya dalam 4,2 detik dan 60-80 km/jam selama 9 detik.

Kymco GP125i

 

Skutik ini pun menawarkan sisi akomodasi yang cukup banyak. Di bagian depan saja, terdapat kompartemen yang sangat luas, lengkap dengan USB pengisian daya ponsel. Selain itu, tersedia juga dua buah gantungan barang yang terletak di bagian bawah stang dan bawah jok.

Di bagian bagasi, tersedia ruang cukup luas yang mampu menampung sebuah helm model half-face. Ditambah lagi, di bagian belakang jok juga dilengkapi dengan rak barang yang mampu menampung beban hingga 5 kg.

   Baca Juga: Pernah Lihat Kode Angka dan Huruf Pada Ban Motor? Begini Cara Membacanya!

Bicara soal suspensi, motor ini dibekali dengan suspensi tipe teleskopik di depan dan suspensi tunggal di belakang. Redaman kedua suspensi ini cukup mumpuni saat melibas jalanan tidak rata dan lubang yang tak terlalu dalam. Namun, saat melewati jalanan dengan speedbump yang berukuran besar, bantingan suspensi terasa cukup keras.

Terakhir, konsumsi bahan bakar dari GP 125 pun terbilang cukup irit. Berdasarkan hasil pengetesan, motor ini mampu menempuh jarak dengan satu liter bensinnya sejauh 54 kilometer.

Kesimpulan:

Kymco GP 125 menjadi skutik kelas 125 cc yang tak bisa dipandang sebelah mata. Memiliki desain yang agak nyeleneh, skutik ini menawarkan performa mesin yang cukup mumpuni untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Kelebihan:
1. Mesin bertenaga
2. Irit bensin
3. Memiliki fitur pass beam

Kekurangan:
1. Kurang ergonomis
2. Suspensi keras
3. Lampu depan belum LED 

Data spesifikasi lengkap Kymco GP125i:

P X L X T: 1.790 x 690 x 1.100 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.225 mm
Jarak terendah ke tanah: 105 mm
Berat: 106 kg
Kapasitas Tangki Bensin: 4,5 liter

Mesin: SOHC, FI, Pendingin Udara
Kapasitas: 125 cc
Diameter x Langkah: 52,4 x 57,8 mm
Daya Maksimum: 8,7 dk (6,51 kW)/ 8.500 rpm
Torsi Maksimum: 9,1 Nm/ 6.500 rpm 
Sistem Bahan Bakar: Injeksi
Transmisi: Otomatis

Rangka: Underbone, Steel
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Suspensi Tunggal
Ban Depan: 3,50-10 
Ban Belakang: 3,50-10
Rem Depan: Cakram Tunggal
Rem Belakang: Tromol

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id