Hanya Dibuat 10 Unit, Malaysia Kebagian Aprilia RSV4 X

Hanya Dibuat 10 Unit, Malaysia Kebagian Aprilia RSV4 X

Aprilia memiliki edisi terbatas dari motor sport paling kencangnya yakni Aprilia RSV4 X. Aprilia RSV4 X hadir dalam memperingati 10 tahun keikutsertaannya dan tujuh kemenangan di World Superbike Championship (WSBK). Dilansir dari Paultan.org, Aprilia RSV4 X ini hanya diproduksi 10 unit saja dan Malaysia menjadi salah satu negara beruntung yang mendapatkannya.

Aprilia RSV4 X sendiri diluncurkan pada Maret 2019 lalu dengan harga banderol seharga 39.900 euro, atau seharga Rp 621 jutaan. Satu unit RSV4 X ini masuk ke tangan juara dunia Max Biaggi yang mengujinya di Sirkuit Internasional Sepang pada akhir pekan ini.

   Baca Juga: Royal Enfield Akan Bangun Himalayan Versi Kecil

Aprilia RSV4 X memiliki bobot yang lebih ringan tetapi lebih kuat dibandingkan Aprilia RSV4 1100 Factory. Dengan spesifikasinya yang sedemikian tinggi, membuat RSV4 X hanya bisa digunakan pada lintasan balap saja.

Aprilia RSV4 X Malaysia

 

RSV4 X ini mengusung mesin 1.100 cc empat silinder berkonfigurasi V-engine. Demi menjadi spesifikasi balap, motor ini dilengkapi dengan different intake camshaft, valve return springs and caps, dan profil cam yang direvisi. Dibagian knalpot juga sudah mengugnakan unit titanium dan serat karbon dari Akrapovic yang memiliki spek balap.

   Baca Juga: Menelisik Kemungkinan Kembalinya Honda CB900

Hasilnya RSV4 X ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 225 hp dengan beratnya yang hanya 165 kg saja. Pengurangan berat didapatkan dari penggunaan bahan yang lebih ringan pada bagian fairing, pelindung roda, saluran rem, dan asupan roda magnesium dari Marchesini.

Aprilia mengatakan, motor ini menjadi produksi pertama di dunia dengan posisi netral di bawah gear pertama. Konfigurasi gear ini disebut dengan nama Aprilia No Neutral. Bagian pengereman juga menggunakan unit balap berupa Brembo GP4-MS.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id