Komparasi Fitur All New Honda BeAT VS Suzuki Nex II

Komparasi Fitur All New Honda BeAT VS Suzuki Nex II

Pasar skutik entry level di bawah 125 cc kini hanya diramaikan oleh dua pabrikan motor, yakni Honda dan Suzuki. Di segmen tersebut, Honda mengandalkan All New Honda BeAT dan Suzuki menjagokan Nex II.

Kali ini, OtoRider akan menyajikan komparasi fitur yang ditawarkan kedua skutik mungil tersebut. Nah, apa saja fitur yang menjadi keunggulan keduanya?

Di bagian panel instrumen, Nex II masih menggunakan tipe analog pada speedometer, odometer, serta fuel meter-nya. Selain itu, tepat di bagian bawahnya terdapat beberapa lampu indikator, yakni sein, lampu jauh, serta check engine.

   Baca Juga: Berkenalan dengan V-Go, Motor Listrik Pintar Buatan Honda

Sementara itu, pada BeAT sudah menggunakan perpaduan antara speedometer analog dan odometer serta fuel meter digital. Di bagian atasnya juga terdapat indikator sein, lampu jauh, serta check engine. Ditambah lagi, adanya indikator Eco yang akan menyala saat Anda berkendara secara irit bahan bakar.

Selanjutnya, kedua skutik ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengisian daya ponsel. Namun sayangnya, fitur ini belum tersedia pada BeAT tipe CBS. Sementara, Nex II sudah menyediakan fitur tersebut pada semua tipenya.

All New Honda BeAT Series 2020

Akan tetapi, tempat penyimpanan pada kompartemen depan Nex II saat melakukan pengisian daya ponsel terbilang cukup minim. Bentuk kompartemen tersebut cukup terbuka jika dibandingkan dengan milik BeAT.

Suzuki Nex II Sporty Runner

Bicara soal akomodasi, harus diakui ruang penyimpanan bagasi milik BeAT jauh lebih besar dibandingkan Nex II. Ruang penyimpanan lain juga disediakan kedua skutik ini pada dua buah kompartemen atau saku depan.

All New Honda BeAT Series 2020

Beralih ke sektor pengereman, BeAT terbaru sudah dibekali dengan fitur CBS (Combi Brake System) pada semua tipenya dan juga fitur Parking Brake Lock. Sedangkan, pada Nex II belum disematkan kedua fitur tersebut.

Fitur side stand switch juga sudah hadir pada BeAT 2020. Namun, fitur ini tidak tersedia pada Nex II.

All New Honda BeAT Series 2020

Pada Honda BeAT juga tersemat sistem ACG Starter yang membuatnya terasa halus saat motor dinyalakan. Tak hanya itu, fitur ini juga dipadukan dengan fitur ISS pada varian BeAT CBS-ISS dan Deluxe. Di lain sisi, Suzuki Nex II dibekali dengan Suzuki Easy Start System.

Fitur yang juga memberikan kepraktisan berkendara adalah hadirnya Seat Opener yang menyatu pada rumah kunci. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia pada BeAT, sedangkan Nex II masih menggunakan pembuka jok memakai anak kunci biasa.

   Baca Juga: Makna 'Satu Hati' di Motor Balap MotoGP Repsol Honda

Terakhir, sektor pencahayaan kedua skutik ini juga sudah dibekali dengan teknologi LED. Akan tetapi, lampu LED ini hanya terdapat pada bagian lampu utama saja dan belum tersedia pada lampu sein serta lampu belakangnya.

Bicara sedikit soal harga, All New Honda BeAT memiliki beberapa varian yang terdiri dari BeAT CBS, CBS-ISS, serta Deluxe. Rentang harganya pun berkisar mulai dari Rp 16 jutaan hingga Rp 17 jutaan.

Sedangkan, Suzuki Nex II memiliki varian Elegant Premium dan Fancy Dynamic yang sama-sama dihargai direntang Rp 16.100.000.

Jadi, bagaimana menurut Anda komparasi fitur antara kedua skutik ini? 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id