Menelisik Faktor Keamanan Gigi Mundur Piaggio MP3 500 HPE

Menelisik Faktor Keamanan Gigi Mundur Piaggio MP3 500 HPE

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance dilengkapi oleh sebuah fitur yang memudahkan penggunanya yakni gigi mundur. Gigi mundur ini dijelaskan memudahkan pengendara dalam memarkir atau memindahkan motor. Lantas bagaimana faktor keamanan pada gigi mundur itu sendiri?

Yudi Riswanto selaku Technical Trainer Manager PT Piaggio Indonesia mengatakan salah satu faktor keamanannya adalah dengan menghadirkan suara. Saat Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance mundur, akan keluar suara bip berulang-ulang. Hal tersebut untuk memberikan informasi pada sekitar atau pengendara bahwa motor dalam posisi siap mundur.

Gigi mundur Piaggio MP3 500 Sport Advance

"Kalau kami lihat sekarang itu lebih kepada faktor safety, bahkan apapun yang dikasih mundur itu harus dikasih penanda. Pertama itu roda tiga motor, kalau enggak dikasih penanda orangnya mau maju malah enggak tahu kalau lagi di gigi mundur. Harus ada penandanya lah, kalau enggak, berbahaya," ujar Yudi saat ditemui awak media beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Penjelasan Piaggio Indonesia Soal Getaran di MP3 500 HPE Sport Advance

Selain itu, terdapat beberapa persyaratan agar motor dapat mundur. Salah satunya adalah motor dalam posisi berhenti dan grip gas tidak diputar. Sehingga ketika berjalan ke depan, motor tidak bisa tanpa sengaja berpindah ke gigi mundur.

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

"Enggak masalah karena syarat mundurnya enggak ada sama sekali, jadi ECU enggak bisa kasih sinyal ke solenoid. Misal motor masih jalan, grip gas tidak nol, itu tidak bisa mundur walaupun dipindah ke R. Tapi begitu motor berhenti di lampu merah lagi stand by dipindah ke R dia akan bunyi, karena semua syaratnya ada," lanjut Yudi.

   Baca Juga: Hidden Valley Track, Lintasan Off-Road Tersembunyi di Pulo Gadung

Yudi sendiri mengklaim gigi mundur atau penggerak mundur ini sudah tahan oleh air. Namun dirinya tidak menjamin jika komponen solenoid itu akan tahan terhadap banjir. Dirinya menjelaskan karena hampir semua motor yang dipasarkan memang tidak diperuntukkan melintasi banjir.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id