Motor Legendaris, F1Z Mejeng di Dealer Yamaha

Motor Legendaris, F1Z Mejeng di Dealer Yamaha

F1Z menjadi salah satu motor bebek 2-Tak andalan Yamaha pada era 90-an. Produk ini sendiri merupakan transisi model motor bebek dari Alfa menuju ke F1ZR. Secara tampilan, motor ini memiliki kemiripan dengan Force 1.

Perbedaan antara keduanya terletak pada rem cakram di depan serta knalpot racing seperti di varian F1ZR. Motor ini dibekali mesin berkapasitas 110 cc yang lebih besar dari generasi Alfa dan telah dilengkapi dengan kipas untuk mendinginkan bagian silindernya.

   Baca Juga: Alami Lonjakan Tenaga, Apa yang Diubah pada Honda CBR250RR SP QS?

Uniknya, bertepatan dengan momen Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75, terdapat pemandangan tak biasa di Yamaha Flagship Shop Bali. Satu unit Yamaha F1Z berwarna putih keluaran tahun 1996 terlihat di dalam ruangan display motor.

Sekadar tambahan informasi, warna putih menjadi varian yang tak terlalu banyak peminatnya sehingga populasinya hanya sedikit. Namun, justru hal inilah yang membuat F1Z warna putih ini menjadi motor yang sangat langka.

Yamaha F1Z

"Unit yang dipajang itu merupakan koleksi dari komunitas 2-Tak Menolak Punah Bali. Kami display di bulan Agustus ini tepat pada saat kemerdekaan RI ke-75. Juga sebagai salah satu sarana untuk mengenang sejarah Yamaha di Indonesia," ujar Andri Fistulariyanto, promosi DDS Bali dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

   Baca Juga: GALERI: New Triumph Tiger 900 Rally & GT Pro (21 Foto)

Setelah menjalani proses restorasi, tampilan motor legendaris ini berubah layaknya baru melenggang keluar dari dealer. Menariknya lagi, ternyata tidak hanya F1Z saja, tapi di sampingnya terlihat kehadiran RX King dan juga Champ.

"Seiring tuntutan emisi gas buang, produk 2-Tak perlahan digantikan dengan motor 4-Tak. Untuk segmen moped atau bebek pengganti F1Z, pada awalnya ada varian Crypton kemudian muncul Vega dan sampai sekarang makin eksis Jupiter Z. Varian terbarunya menggunakan teknologi injeksi dan forged piston, yaitu Jupiter Z1," jelas Andri.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id