Pabrikan Handphone Bikin Sistem Operasi Sepeda Motor

Pabrikan Handphone Bikin Sistem Operasi Sepeda Motor

Pada beberapa tahun lalu, dunia mengenal dengan pabrikan handphone bernama BlackBerry. Meskipun merek handphone ini tidak terdengar lagi gaungnya, ternyata BlackBerry sedang bekerja sama dengan pabrikan motor. Kerjasama ini membuat sistem opearasional BlackBerry akan muncul pada sepeda motor.

Dilansir dari WeBikeWorld, kabar ini mencuat setelah BlackBerry bekerja sama dengan Damon Motorcycle. Dalam kerjasama ini, BlackBerry akan membangun sistem operasi pada motor listriknya. Damon bekerjasama dengan Blackberry untuk membangun sistem QNX pada sepeda motor.

   Baca Juga: Video: Melihat Aksi Motor Listrik Segway Ninebot di Sirkuit

Dengan adanya sistem operasi ini, kabarnya Motor Listrik asal Amerika Serikat, Damon ini akan menjadi motor tercanggih di kelas sport listrik. Terutama sistem CoPilot milik Damon yang berguna untuk memonitor lalu lintas di sekitar motor. 

Jay Giraud selaku CEO Damon Motorcycles mengatakan tentang bagaimana awal mulanya tercipta kerjasama ini. "Salah satu investor Damon pernah bekerja di QNX dan menghubungkan kami dengan BlackBerry. QNX sendiri merupakan sistem operasi tercanggih di mobil, terutama buat kondisi ekstrim," pungkas Giraud.

Damon Motorcycles BlackBerry Operating System

 

Sebagai tambahan informasi, sistem operasi QNX sudah dipakai oleh lebih dari 150 juta mobil di serluruh dunia. Bahkan sistem ini telah dipakai industri lain seperti medis dan sampai ke luar angkasa. Sementara Damon Motorcycles sendiri merupakan perusahaan startup roda dua yang fokus kepada kendaraan listrik.

   Baca Juga: Begini Jadinya Kalau Ducati Panigale 1199 Melibas Medan Off-road

Soal cara kerja sistem operasi QNX ini memang belum dijelaskan secara detail. Tetapi tampaknya sistem ini akan menggunakan sejumlah sensor dan kamera yang terhubung. Bahkan Giraud menjelaskan sistem operasi QNX di motor Damon akan berbeda dibandingkan dengan mobil, bahkan bisa lebih canggih.

Damon Motorcycles sendiri akan mengenalkan teknologi mutakhirnya itu dalam waktu dekat-dekat ini. Lebih tepatnya pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat pada 7 Januari mendatang.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id