Resmi! Yamaha Rilis Generasi Terbaru MT-09. Apa Saja Ubahannya?

Resmi! Yamaha Rilis Generasi Terbaru MT-09. Apa Saja Ubahannya?
Rabu, 28 Oktober 2020 13:00
Thio Pahlevi

Yamaha secara resmi menghadirkan generasi terbaru naked bike-nya, MT-09. Berbagai ubahan pun diberikan pada salah satu keluarga Master of Torque ini, mulai dari desain, mesin, hingga fiturnya. Lantas, apa saja yang ditawarkan oleh Yamaha MT-09 terbaru?

Di bagian depan, seperti dikutip dari Motopinas, MT-09 memiliki bentuk lampu utama baru. Perpaduan lampu LED dengan sepasang strip DRL LED hadir di motor ini. Disinyalir, desain ini bakal menjadi tampilan baru dari semua model MT-Series di masa depan.

   Baca Juga: Motor Dibekali Fitur Lampu Hazard, Kapan Boleh Digunakan?

Sementara itu, bagian rangka dan mesin yang dibiarkan terbuka semakin menguatkan kesan kekar. Sasis alumunium deltabox-nya kini dipadu dengan komponen swingarm yang ringan namun kaku. Tampilan ini pun kian sempurna dengan kombinasi intake scoop serta knalpot model under-belly.

Yamaha MT-09 2021

 

Beralih ke performa, MT-09 2021 mengandalkan mesin 889 cc, lebih besar 49 cc dibandingkan generasi sebelumnya dan sudah memiliki standar emisi Euro5. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 119 PS pada 10.000 rpm dan torsi 93 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga ini didukung dengan sistem transmisi 6-percepatan dan fitur assist and slipper clutch.

Untuk fitur elektroniknya, motor ini juga dibekali dengan Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) dan Accelerator Position Sensor Grip (APSG) yang diambil dari Yamaha R1. Selain itu, hadir pula fitur 6-axis IMU yang mengatur lean-angle sensitive traction control system, slide control system, lift control system, dan brake control system.

Yamaha MT-09 2021

 

Suspensinya menggunakan tipe upside down 41 mm KYB di depan dan suspensi tunggal KYB di belakang. Sementara itu, sektor pengeremannya menggunakan cakram ganda di depan dan cakram tunggal di belakang.

   Baca Juga: Pantauan Harga Bekas Honda Supra X 125 per Oktober 2020

MT-09 juga dibekali dengan panel instrumen digital dengan layar TFT 3,5 inci. Sejumlah informasi tersedia, di antaranya adalah speedometer, takometer, quick shifter, indikator posisi gigi, level bahan bakar, jam, hingga traction control.

Motor ini hadir dalam tiga pilihan warna, yakni Storm Fluo, Icon Blue, dan Tech Black. Sayangnya, belum terdapat informasi lebih lanjut mengenai banderol harganya. MT-09 terbaru ini diperkirakan bakal segera hadir di Eropa pada Maret 2021 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.