Viral Pengendara Motor Terjatuh Akibat Speed Wobble, Berikut Penjelasannya

Viral Pengendara Motor Terjatuh Akibat Speed Wobble, Berikut Penjelasannya

 

Beberapa waktu lalu viral terjadi kecelakaan di dekat Cilandak Town Square karena jalanan yang tidak rata. Kecelakaan tersebut melanda pengendara yang sulit mengendalikan motornya yang ber geal-geol atau biasa disebut sebagai tank slap atau speed wobble. Lantas kira-kira bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Safety Riding Jakarta Defensive Driving Consulting mengatakan hal tersebut bisa terjadi karena kecepatan yang tidak sesuai dengan kondisi. Menurutnya Kecepatan bisa dikendalikan dengan tiga faktor yang harus disesuaikan. Ketiganya adalah perputaran ban depan, perputaran ban belakang, dan kecepatan masa.

   Baca Juga: Jadi Alternatif Transportasi, Vrent Hadirkan Program Menarik

"Satu, putaran kecepatan roda belakang harus sama dengan kecepatan roda depan. Jika roda belakang lebih cepat, maka yang terjadi ban belakang akan spin. Kalau roda depan lebih lambat, motor bsia hilang kendali dan terjatuh," ujar Jusri saat dihubungi oleh OtoRider, Selasa (29/9).

"Terakhir ada yang namanya kecepatan masa, kecepatan masa ini harus sama dengan kecepatan dua roda tadi. Kecepatan amsa ini diperoleh dari pergerakan awal yang disebut dengan momentum, nah biang keroknya ada disini," ujar Jusri.

Speed wobble Cilandak Town Square

 

Dirinya menjelaskan, ketika pengendara viral itu tidak dapat mengendalikan motornya maka gas akan ditutup. Akan tetapi yang tidak banyak diketahui orang, ketika gas ditutup maka akan terjadi pengereman melalui engine brake. Hal ini justru yang membuat motor tidak dapat dikendalikan dan mengalami speed wobble.

   Baca Juga: Berbekal Mesin 250 cc, Bagaimana Akselerasi Kymco X-Town 250i?

"Begitu dia melintasi lubang, dia goel, dia tutup gas, padahal tadinya dia habis akselerasi. Waktu akselerasi kan ada momentum, jadi itu yang terjadi," pungkas Jusri.

Menurutnya untuk mengatasi hal tersebut, tiga faktor kecepatan harus disesuaikan atau minimal sama. Sehingga roda depan, roda belakang, dan masa harus memiliki kecepatan yang sama. Dengan demikian speed wobble atau tank slap dapat dikendalikan dengan baik.

 

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id