Yamaha Yakin Pasar Motor Bebek Tidak Musnah

Yamaha Yakin Pasar Motor Bebek Tidak Musnah
Minggu, 9 Februari 2020 09:00
Brian

Sejumlah produsen sepeda motor di Indonesia mengakui pasar motor matic semakin besar di Tanah air. Terlihat dari semakin banyak konsumen yang berminat terhadap motor tanpa percepatan itu. Namun, hal ini mengakibatkan menurunnya penjualan motor bebek.

Lantas apakah pasar motor bebek yang sedikit ini akan membuat penjualannya terhenti? Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan pasar motor bebek saat ini masih ada. Namun menurutnya memang segmen tersebut tidak besar dan paling banyak permintaan ada di luar Pulau Jawa.

   Baca Juga: Melihat Teknologi Traction Control System di All New NMax

"Pasarnya masih ada, sport pun masih ada, hanya memang tergantung daerah, tergantung karakter konsumennya. Memang kalau sekarang dominannya ya di luar Jawa yang masih minat di situ (motor bebek)," ujar Anton sapaan akrabnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Warna Baru Yamaha Vega Force

 

Penurunan pasar bebek pun tercermin dari pabrikan-pabrikan yang tak lagi mengeluarkan model baru di model ini. Seperti di tahun 2019, Yamaha tidak mengeluarkan produk di segmen bebek. Melainkan hanya melakukan penyegaran tampilan dengan warna dan desain baru saja. Sehingga muncul anggapan pasar motor bebek akan segera musnah.

   Baca Juga: Daftar Harga Motor Sport Honda 150 cc (Februari 2020)

"Kalau musnah sih mungkin engga lah, tetapi kalau mungkin permintaannya yang semakin turun, kan memang faktanya begitu. Tetapi tidak menjadi indikator kalau pabrikan engga ngeluarin produk baru di segmen itu berarti pasarnya engga menarik, engga juga," pungkas Anton.

Menurutnya saat ini konsumen beralih ke motor matic karena banyaknya kelebihan yang ditawarkan. Antara lainnya adalah fungsional, praktis, dan lebih mudah digunakan di dalam kota. Berbeda dengan motor bebek yang harus mempelajari tenaga dari tiap percepatan yang disematkan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.