Melihat Teknologi Traction Control System di All New NMax

Melihat Teknologi Traction Control System di All New NMax

 

Yamaha All New NMax telah diluncurkan pada akhir tahun lalu oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Motor ini tampil sebagai generasi terbaru dengan sejumlah fitur-fitur terkini yang ditanamkan. Termasuk fitur Traction Control System (TCS) pada varian ABS/Connected yang pertama hadir di kelasnya.

Fitur Traction Control biasanya hadir pada motor-motor berkapasitas besar, sehingga mungkin banyak yang belum mengetahui fitur ini. Ridwan Arifin selaku Service Education YIMM mengatakan pihaknya memikirkan soal keamanan yang lebih pada pengendara. Sehingga fitur TCS ini hadir di motor seperti Yamaha NMax yang notabene-nya masih motor berkapasitas kecil.

   Baca Juga: Punya Generasi Baru, Yamaha Masih Produksi NMax Model Lama

"Untuk meningkatkan safety kami sematkan fitur Traction Control System, ini pertama di kelas 150 cc. Jadi ketika di jalanan slip atau ada pasir dan lumpur, biasanya kalau pengendara pemula malah panik dan narik gas. Jadi resiko jatuh semakin besar karena slip tadi," ujar Ridwan di Yamaha Flagship Shop beberapa waktu lalu.

Yamaha all new nmax 155

 

Dirinya menjelaskan dengan adanya TCU, ketika pengendara panik dan membuka gas, sistem TCU akan bekerjasama dengan Electronic Control Unit (ECU). Sehingga ECU akan mengurangi tenaga dari mesin yang membuat kecepatan pada roda belakang berkurang. Dengan adanya sistem ini, tentunya ban belakang yang slip di jalan licin akan mudah teratasi.

   Baca Juga: Banderol Yamaha All New NMax Connected/ABS Resmi Diumumkan

"Inilah yang membuat TCU sangat cocok di All New NMax. Selain TCU, kami juga menyematkan fitur ABS di varian ABS tentunya. Jadi motor sudah ada TCU dan ABS yang membuat pengendara lebih aman," pungkas Ridwan.

Sebagai tambahan informasi, Yamaha All New NMax ABS/Connected dipasarkan dengan harga Rp 33,7 juta. Sedangkan pada varian standarnya dibanderol lebih murah yakni hanya Rp 29,5 jutaan. Tentunya di varian standar terdapat sejumlah fitur yang dipangkas, salah satunya adalah TCU dan ABS.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id