AISI Prediksi Penjualan Motor Domestik Capai 5,4 Juta Unit Tahun Depan

AISI Prediksi Penjualan Motor Domestik Capai 5,4 Juta Unit Tahun Depan

 

Pertumbuhan penjualan sepeda motor di Indonesia sudah mulai membaik dibandingkan tahun kemarin. Tercatat hingga September 2021 ini, penjualan sudah mencapai 3.761.407 unit atau tumbuh hampir 31% dibandingkan tahun 2020. Lewat pertumbuhan ini, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menargetkan angka yang lebih tinggi di tahun depan.

"Secara keseluruhan tahun ini kami perkirakan pasar motor akan mencapai 5 juta unit. Sebelumnya kami prediksi 4,3 juta-4,6 juta unit. Kami harapkan tren positif ini berlanjut ke tahun depan yang kami prediksi akan tumbuh 2%-8% atau 5,1 juta-5,4 juta unit. Ini akan memberikan multiplier effect yang positif buat industri terkait,” ujar Sigit Kumala selaku Ketua Bidang Komersial AISI dalam keterangan tertulis.

   Baca Juga: Dekat Ke Tanah Air, Harley-Davidson Sportster S 2021 Rilis Di Malaysia

Menurut Sigit meskipun penjualan belum normal seperti tahun 2019, namun pengendalian Covid-19 dari pemerintah mendorong mobilitas masyarakat. Kondisi ini diharapkan menjadi daya dorong mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang semakin baik. Meskipun menurut Sigit di tahun depan tetap memiliki tantangan.

All New Honda Vario

"Tahun depan kami tetap memiliki tantangan tertuama untuk mengelola dampak kenaikan PPN 11% yang berpotensi meningkatkan harga jual. Selain itu, kami harapkan harga komoditi juga bisa kondusif nanti," pungkas Sigit.

   Baca Juga: Yamaha MX-King Punya Kloningan di Malaysia dan Filipina

Sebatai tambahan informasi, di tahun 2019 penjualan sepeda motor berdasarkan catatan AISI mencapai 6,48 juta unit. Sementara di tahun 2020, penjualan menurun karena pertama kalinya pandemi menjadi 3,66 juta unit. Di tahun 2020 ini, prediksi awal penjualan hanya 4,6 juta unit menjadi meningkat hingga 5 juta unit.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id