Cara Mengecek Sepeda Motor Sebelum Dibawa ke Bengkel 

Cara Mengecek Sepeda Motor Sebelum Dibawa ke Bengkel 
Senin, 16 Agustus 2021 06:00
Brian

Merawat sepeda motor perlu dilakukan secara konsisten agar performanya tetap maksimal. Perawatan perlu diperhatikan, meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19 yang membatasi kegiatan masyarakat. Oleh karenanya, perawatan sepeda motor bisa dilakukan sendiri di rumah sebelum dibawa ke bengkel. 

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) tetap menjaga komitmen untuk memberikan produk dan layanan terbaik. Salah satunya melalui kemudahan akses komunikasi antar konsumen dengan jaringan resmi Yamaha melalui aplikasi My Yamaha Motor. Oleh karenanya pemilik sepeda motor bisa mengecek kendaraannya terlebih dahulu sebelum dibawa ke bengkel. 

”Dalam kondisi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) saat ini dimana aktivitas berlangsung terbatas sehingga sepeda motor sebagai alat transportasi jarang digunakan, agar kondisinya tetap terjaga baik, kali ini kami memberikan cara pemeriksaan motor yang bisa dilakukan konsumen sebelum meminta bantuan teknisi dari jaringan resmi Yamaha,” ungkap Johannes BMS, Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – DIY). 

merawat motor di rumah

Pertama pemilik motor bisa mengecek fungsi main switch alias kunci kontak yang memiliki fungsi penyambung dan pemutus arus kelistrikan. Setelah kunci kontak berfungsi dengan baik, periksa starter dan pastikan tidak ada masalah untuk menyalakan motor. Jika sulit dinyalakan, kemungkinan ada masalah di kelistrikan, pengapian, bahan bakar, dan kompresi. 

   Baca Juga: Modifikasi Yamaha Lexi 125 Pakai Dual Shockbreaker NMax

Selanjutnya jika motor dapat menyala, panaskan dahulu mesinnya selama 5 menit. Kemudian pemilik dapat mengecek kondisi putaran mesin, pastikan putaran mesin normal seperti biasanya. Jika putaran mesin dirasa terlalu tinggi, terlalu rendah, atau tersendat, kemungkinan ada masalah di sistem injeksi yang busa terlihat dalam indikator. 

merawat motor di rumah

Sebelum digunakan berjalan, cek lampu penerangan dan lampu sinyal seperti sein dan lampu rem pada kendaraan. Pastikan lampu utama untuk jarak dekat dan jauh berfungsi dengan baik. Lampu sinyal juga dipastikan berfungsi, karena lampu sein dan lampu rem berkaitan dengan keselamatan berkendara.

   Baca Juga: Plus Minus Yamaha Lexi 125 Pakai Dual Shockbreaker Milik NMax

Jika sudah memeriksa, dokumentasikan hasil pemeriksaan tersebut melalui foto atau video. Kemudian sampaikan hasil pemeriksaan tersebut kepada petugas dealer resmi yang akan dihubungi nanti. Dengan adanya informasi pemeriksaan sederhana tersebut sangat membantu teknisi dalam penyelesaian problem lebih cepat, tepat, dan akurat. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.