Modifikasi Yamaha Lexi 125 Pakai Dual Shockbreaker NMax

Modifikasi Yamaha Lexi 125 Pakai Dual Shockbreaker NMax

 

Yamaha Lexi 125 merupakan pilihan skuter Maxi terkecil dari Yamaha yang menggunakan single shockbreaker. Di tangan Baba Zeal selaku pencetus komunitas Yamaha Lexi Community Indonesia (YLCI) dan Yamaha Lexi Community Jakarta (YLCJ), motornya diubah menggunakan dual shockbreaker. Dual shockbreaker yang digunakan adalah RCB V Series untuk Yamaha NMax.

Baba Zeal menyebutkan langkah-langkahnya dalam membuat Yamaha Lexi 125 menjadi dual shockbreaker. Pertama adalah membeli komponen original Aerox full set, mulai dari bearing, seal, clip, bosh shock, dan anting original Yamaha Mio. Mengerjakan Yamaha Lexi 125 pun menurutnya tidak terlalu lama dan bisa dikerjakan di rumah.

   Baca Juga: GALERI: Modifikasi Kustom Kawasaki Ninja ZX-25R Cafe Racer 

"Bosh shock sebelah kanan ditempel di arm Aerox, enggak lupa beli anting original mio buat dilas ke rangka atas sebelah kanan. Enggak butuh waktu lama dikerjain sendiri di rumah untuk pemasangannya. Kecuali pengelasan, dibawa ke tukang las dengan biaya enggak lebih dari Rp 50 ribu," ujar Baba Zeal kepada OtoRider.

Yamaha Lexi 125 Modifikasi Dual Shockbreaker

Setelah dilas, gunakan cat Diton Premium agar anting-anting yang dilas ke rangka tadi tidak mudah karatan. Kemudian perlu menyesuaikan spakbor bagian kanan bawah dengan mencoaknya agar pas dengan anting-anting yang sebelumnya dilas. Sisanya hanya merakit lagi bodi-bodi yang sebelumnya telah dilepas dan Yamaha Lexi 125 dual shockbreaker sudah selesai.

   Baca Juga: Tips Berkendara Sepeda Motor di Malam Hari

"Tambahan buat yang mau ikutan ganti untuk part seperti clirclip, bearing, seal, bisa pakai bawaan Yamaha Lexi 125 ya. Kecuali sudah pada rusak ya wajib beli. Kalau bosh buat dudukan shock sebelah kanan wajib beli, harganya sekitar Rp 19 ribuan," pungkas Baba Zeal.

Berikut rincian komponen yang digunakan dan biayanya:

Shock RCB V SERIES For NMAX (giveaway)

Arm Aerox Original 276.000

Bosh shock 19.000

Bearing 50.000

Karet seal 14.000

Clirclip 14.000

Collar 18.500

Seal tutup bearing luar 17.000

Anting2 mio 10.000

Biaya las 50.000

Estimasi pengerjaan 2-3 Jam

Estimasi biaya tanpa Shock Rp 468.500

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id