Dianggap Sepele, Edukasi Safety Riding Sejak Dini itu Penting!

Dianggap Sepele, Edukasi Safety Riding Sejak Dini itu Penting!

 

Pengetahuan safety riding atau kemanan berkendara merupakan hal penting untuk mengendarai motor. Edukasi keselamatan lalu lintas ini wajib dipahami seluruh lapisan masyarakat. Termasuk anak-anak di bawah umur, edukasi ini penting untuk memberikan pemahaman soal berlalu lintas.

"Pendidikan sejak dini kepada anak di bawah umur merupakan hal yang perlu dilakukan agar anak-anak sudah mendapatkan ilmu dan pemahaman melalui metode bermaind an belajar mengenai keselamatan berkendara. DAM melalui tim instruktur, secara rutin memberikan pelatihan safety riding untuk anak di bawah umur," ujar Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) dalam keterangan tertulis.

   Baca Juga: Kawasaki Vulcan S 2022 Punya Varian dan Warna Baru

Menurut Ludhy, dengan edukasi sejak dini dapat menumbuhkan kesadaran mengenai keselamatan berkendara. Materi yang diberikan pun cukup beragam, dari mulai menggunakan helm & jaket, cara dibonceng yang benar, cara menyebrang jalan, cara menggunakan sepeda, hingga edukasi kepada orang tua.

Edukasi Safety RIding Sejak Dini

Selain mengenai kesadaran keselamatan berkendara, anak-anak juga diberikan pengetahuan ilmu dasar rambu-rambu lalu lintas. Edukasi ini dapat dilakukan menggunakan warna, bentuk gambar, dan arti dari masing-masing rambu. "Hal tersebut dilakukan dengan metode bermain sambil belajar, dengan demikian anak-anak akan lebih mengerti dan bersenang-senang," ujar Ludhy.

   Baca Juga: Viral Pelaku Balap Liar Nekat Keroyok Anggota Polisi

“Pendidikan sejak dini kepada anak-anak dibawah umur merupakan kunci utama terciptanya zero accident kelak di Indonesia, pendidikan mengenai keselamatan akan tertanam di dalam diri anak-anak dengan harapan akan di aplikasikan dikehidupan mereka kelak ketika mereka dewasa dan tetap #Cari_Aman kemanapun ketika berkendara,” tutup Ludhy.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id