Apa Arti Kode JASO MB dan MA pada Oli Motor?

Apa Arti Kode JASO MB dan MA pada Oli Motor?
Kamis, 1 September 2022 11:20
Gemilang Isromi Nuar

Ragam pilihan oli mesin motor saat ini banyak tersedia di pasaran. Ketika membeli oli, terdapat beragam spesifikasi seperti tulisan 10W-30 atau 10W-40 serta kode JASO MB atau MA. Nah, apa arti tulisan ini?

   Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Ini Tanda Shockbreaker Motor Perlu Diganti

Sebelum menjelaskan kode tersebut, perlu diketahui oli motor manual dan otomatis atau matic memiliki sistem yang berbeda. Arti huruf W (Winter) sendiri pada kemasan oli adalah sebuah parameter kekentalan. Misalnya, pada oli terdapat kode 10W-30. Hal ini mengartikan oli tersebut memiliki tingkat kekentalan 10W pada suhu dingin. Kemudian, angka 30 berarti oli mempunyai tingkat kekentalan mencapai 30W pada suhu 100 derajat celcius.

Oli Motor

Semakin besar angka dalam spesifikasi oli, maka akan semakin kental oli tersebut. Contohnya, terdapat oli dengan kekentalan 20W-50. Oli ini cocok digunakan pada kendaraan produksi lama dan bermesin tua. Untuk mesin-mesin kendaraan baru biasanya memiliki standar oli yang lebih encer, seperti SAE 10W-30, 10W-40, atau bahkan lebih encer.

"Pada oli Federal Racing Matic ini memiliki kode 10W-40 JASO MB. JASO MB sendiri untuk motor matic dengan kopling kering. Sedangkan, untuk motor manual biasanya berkode JASO MA," ujar Rommy Averdy Saat, Federal Oil Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia di Jakarta, Selasa (30/8).

Oli Motor

          Baca Juga: 4 Pilihan Lampu LED Seharga Rp 50 Ribuan untuk Motor

Untuk kode JASO sendiri merupakan singkatan dari Japanese Automotive Standards Association. Sedangakan, koda MA berarti oli tersebut mengandung zat aditif yang berfungsi memastikan kinerja kopling menjadi presisi dan MB untuk motor matic (kopling kering).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.