Sering Dianggap Sepele, Ini Tanda Shockbreaker Motor Perlu Diganti

Sering Dianggap Sepele, Ini Tanda Shockbreaker Motor Perlu Diganti

 

Setiap pengendara perlu merawat motor agar tetap nyaman saat digunakan sehari-hari. Kenyamanan motor dikarenakan banyak hal, salah satunya fungsi dari shockbreaker

Namun, tak sedikit pengendara yang jarang memerhatikan fungsi dari shockbreaker itu sendiri. Padahal, ada beberapa tanda yang bisa diamati saat shockbreaker motor sudah tak berfungsi dengan baik atau perlu segera diganti. 

   Baca Juga: Tawarkan Promo Menarik, Honda Premium Matic Day Hadir di Bogor

"Fungsi yang tidak banyak yang tahu itu shockbreaker jadi lebih empuk atau adanya pantulan. Itu bukan tanda baik, apalagi hentakan pantulan shockbreaker yang tidak seperti biasanya," kata Ardiansyah, Mekanik Genkai Garage kepada OtoRider

Yamaha Gear 125

Ardiansyah menambahkan shockbreaker umumnya terasa menjadi lebih empuk, terutama ketika diberikan beban. Adanya hentakan juga bisa menjadi salah satu tanda bawah shockbreaker mengalami masalah. 

"Shockbreaker itu ada per spiral yang memang harus bekerjasama dengan baik, ketika tidak bekerja dengan baik tentu bisa membuat masalah," tambahnya. 

   Baca Juga: Sah! Komunitas Yamaha Fazzio Yogyakarta Resmi Terbentuk

Selain itu, ada beberapa tanda lain bila shockbreaker harus segera diganti. Di antaranya seperti seperti pegas kembali dengan cepat. Artinya, shockbreaker sudah mati atau rusak. Sebab, shockbreaker yang baik itu harus kembali secara perlahan. 

Rembesan oli juga bisa menjadi pertanda bahwa shockbreaker harus segera diganti. Hal tersebut terjadi karena adanya kebocoran pada shockbreaker yang membuatnya tak mampu bekerja dengan baik. 

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id