Bikin Irit Bensin, Bedah Cara Kerja Sistem Hybrid Yamaha Fazzio

Bikin Irit Bensin, Bedah Cara Kerja Sistem Hybrid Yamaha Fazzio
Selasa, 18 Oktober 2022 11:00
Ruslan Abdul Gani

Yamaha Fazzio Hybrid-Connected resmi hadir ke Tanah Air pada awal 2022 lalu. Skutik ini mengusung desain klasik modern dan dilengkapi teknologi hybrid. Fazzio menjadi skutik kelas 125 cc pertama di Indonesia yang memiliki sistem hybrid. Lantas, bagaimana cara kerja sistem hybrid di Yamaha Fazzio?

Seperti diketahui, tujuan dari teknologi ini diciptakan ialah untuk meningkatkan efisiensi dalam hal konsumsi bensin serta performa berkendara bagi para pemiliknya. Sistem dasar hybrid di motor ini bisa bekerja karena disebabkan oleh dua sumber tenaga yang membantu akselerasi awal dari posisi motor diam. Jadi, sistem hybrid pada Fazzio berbeda dengan full hybrid pada umumnya.

   Baca Juga: Benarkah Kampas Ganda Pantekan Bisa Hilangkan Gredek di Motor Matic?

Electric Power Assist Start Yamaha Fazzio Hybrid Connected

Sumber tenaga pertama berasal dari mesin bakar berkapasitas 125 cc. Sementara, sumber kedua adalah Electric Power Assistant Start (EPAS) dari baterai atau aki. Kedua sumber tenaga tersebut bekerja secara bersamaan untuk menggerakkan roda belakang saat akselerasi dari posisi motor diam. Sistem EPAS sendiri hanya aktif selama 3 detik pertama saat motor melakukan akselerasi awal.

   Baca Juga: Komparasi Spek Mesin New Honda Vario 125 dan Yamaha Lexi, Unggul Mana?

Jadi, setelah 3 detik pertama motor melakukan akselerasi awal tersebut, sistem EPAS tidak lagi berfungsi secara otomatis. Kemudian, setelah mesin menyala, daya baterai baru akan diisi atau di-charge kembali oleh Smart Motor Generator (SMG). Semua sistem ini bisa bekerja karena diatur oleh Starting Generator Control Unit (SGCU) pada ECU.

Sistem hybrid Yamaha Fazzio

Berkat disematkannya sistem hybrid ini, Yamaha Fazzio diklaim memiliki akselerasi awal lebih bertenaga dan halus, khususnya ketika membawa penumpang ataupun barang. Makanya, konsumsi bahan bakar diklaim lebih irit.

Sumber: Yamaha Motor Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.