Canggih! Polisi Bakal Pakai Drone untuk Deteksi Pelanggar Lalu Lintas

Canggih! Polisi Bakal Pakai Drone untuk Deteksi Pelanggar Lalu Lintas
Senin, 17 Oktober 2022 12:25
Ruslan Abdul Gani

Saat ini Korlantas Polri terus meningkatkan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Salah satu upaya yang kini sedang dilakukan ialah mencoba drone sebagai alat penunjang sistem ETLE untuk menangkap dan mendeteksi para pelanggar lalu lintas.

Hal tersebut dilakukan guna memperkuat basis pengawasan terhadap para pengendara agar lebih tertib berlalu lintas. Uji coba tilang menggunakan pesawat tanpa awak atau drone itu dilakukan oleh Polda Jawa Tengah (Jateng) saat Operasi Zebra Candi 2022.

   Baca Juga: Jangan Asal Isi! Tekanan Angin Ban Soft Compound Berbeda

Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan saat ini uji coba drone masih dalam tahap riset, sebelum akhirnya diterapkan secara nasional. “Jadi kami sudah bekerja sama dengan Asosiasi Pilot Drone Indonesia, capture pelanggaran menggunakan drone. Semoga dengan penggunaan teknologi ini, kami berharap masyarakat Jawa Tengah tanpa harus ditindak, tanpa ada polisi bisa tertib berlalu lintas,” kata Agus dikutip dari NTMC Polri.

Canggih! Polisi Akan Pakai Drone Untuk Deteksi Pelanggar Lalu Lintas

Kemudian, Polda Jateng merangkul Asosiasi Pilot Drone Indonesia untuk bekerja sama dalam melatih petugas kepolisian terkait bagaimana cara menerbangkan drone yang benar untuk kebutuhan ETLE. ETLE drone tersebut dinilai dapat memudahkan pihak kepolisian untuk mengawasi pelanggar lalu lintas.

   Baca Juga: Mending Honda Forza atau Yamaha XMAX? Ini Harga per Oktober 2022

Mekanisme penindakannya pun hampir sama dengan sistem ETLE statis. ETLE drone nantinya akan menangkap gambar pelanggar, yang selanjutnya dikirim langsung ke back office hingga kemudian diproses untuk diterbitkan surat konfirmasi tilang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.