Dorong Kemandirian Ekonomi Generasi Muda, AHM Kembangkan AHYPP

Dorong Kemandirian Ekonomi Generasi Muda, AHM Kembangkan AHYPP
Jumat, 2 Desember 2022 12:05
Thio Pahlevi

PT Astra Honda Motor (AHM) melalui Yayasan AHM berkomitmen untuk mendorong kemandirian ekonomi di kalangan generasi muda alumni SMK. Oleh sebab itu, AHM terus mengembangkan Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP). Esta Garage pun menjadi salah satu peserta program ini.

Esta Garage yang berlokasi di kawasan Canggu, Kabupaten Badung, Bali ini berhasil mengembangkan ragam layanan di bengkelnya hingga mencapai omset rata-rata Rp25 juta/bulan. Bengkel ini dikembangkan oleh Yoga Prasetyo, alumni SMM Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi. Di sekolah inilah dia belajar otomotif melalui fondasi pengetahuan yang disajikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda.

   Baca Juga: Punya Pabrik di Karawang, Konsumen ALVA Tak Perlu Inden Lama

Bersama alumni SMK lainnya, Yoga menginisiasi pengembangan bengkel motor perdananya di Banyuwangi, di bawah binaan Yayasan AHM. Bermodal semangat ingin membesarkan usaha bengkel, Yoga hijrah ke Bali. Di Canggu, dia melihat potensi besar untuk melejitkan bisnis melalui diversifikasi layanan di bengkelnya.

Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP), Esta Garage

"Sejak bergabung dengan program pembinaan Astra Honda, bengkel kami mendapatkan beragam kemudahan salah satunya fasilitas permodalan tanpa bunga. Selain itu, bisnis juga semakin berkembang berkat pendampingan yang diberikan dalam pengelolaan bengkel secara profesional dengan menerapkan ilmu manajemen bengkel. Bengkel saya melayani beragam konsumen, baik dari masyarakat lokal dan turis mancanegara," ucap Yoga.

Tak hanya memperbaiki motor, Esta Garage juga mulai merambah usaha pendukung lainnya seperti restorasi, fasilitas pencucian motor, penjualan variasi, salon motor, penyewaan, hingga bengkel bubut/korter mesin motor. Dikembangkan sejak 2017, AHYPP sendiri secara konsisten memberikan pembinaan dan pendampingan kepada lebih dari 30 bengkel milik wirausaha muda alumni SMK binaan yang tersebar di Aceh, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Bali.

Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP), Esta Garage

   Baca Juga: VIDEO: IRC Speed Winner MBR-110 - Ban Soft Compound

"Kami terus membina dan mendampingi para bengkel binaan dengan beragam kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan usaha saat ini, sehingga dapat mengantarkan mereka pada sebuah kemajuan. Beragam dukungan berupa bantuan peralatan, biaya renovasi bengkel serta upaya kerjasama dengan beragam stakeholder kami lakukan melalui program AHYPP," kata Ahmad Muhibbuddin, Ketua Yayasan AHM.

Guna memudahkan monitoring, mentoring, dan evaluasi, Yayasan AHM mengembangkan platform digital berbasis web yaitu Digital Monitoring, Mentoring & Evaluation System (DMMES) AHYPP. Platform ini dirancang untuk para pemilik bengkel binaan dalam mengelola administrasi bengkelnya, mulai dari pengelolaan keuangan, ketersediaan suku cadang, hingga pembuatan invoice untuk para pelanggannya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.