Jangan Asal, Salah Beli Aki Yamaha Fazzio Pengaruh ke Performa

Jangan Asal, Salah Beli Aki Yamaha Fazzio Pengaruh ke Performa
Jumat, 11 Februari 2022 14:00
Brian

Yamaha Fazzio Hybrid Connected telah banyak diketahui memiliki dua sumber daya untuk penggeraknya. Salah satu sumber daya motor hybrid ini adalah listrik yang bersumber dari aki. Oleh karenanya, aki pada Yamaha Fazzio memiliki ukuran yang lebih besar namun masih mirip dengan FreeGo dan Yamaha R15.

Aji Handoko selaku Manager Technical and Education Yamaha Indonesia Motor Mfg mengatakan aki pada Yamaha Fazzio Hybrid memang masih tergolong aki biasa. Namun jika spesifikasinya salah, dapat berpengaruh ke sistem hybrid. Menurut Aji, lebih baik menggunakan kapasitas aki yang lebih besar.

   Baca Juga: Honda BeAT Punya Warna Baru di Malaysia, Tertarik Jadikan Inspirasi?

"Kalau aki dipasang dengan ampere yang lebih rendah, saya pikir itu akan sangat berpengaruh. Sebaiknya pasang ampere yang lebih tinggi, cuma biasanya masalah di dimensinya, pas atau enggak buat aki yang lebih besar," ujar Aji saat ditemui awak media di Bogor, beberapa waktu lalu.

Sistem hybrid Yamaha Fazzio

Menurut Aji jika terdapat aki dengan kapasitas yang lebih besar namun ukurannya sama, maka akan lebih baik. Namun jika kapasitasnya lebih kecil, dapat mengurangi performa dari Yamaha Fazzio Hybrid. Sehingga untuk mengganti akinya, tentu tidak bisa asal-asalan ya.

   Baca Juga: Komparasi Dimensi Honda Vario 160 dan Yamaha Aerox 155, Besar Mana?

"Makanya kalau ada aki yang amperenya lebih besar dengan dimensi yang sama, akan lebih bagus. Tapi kalau turun dengan aki yang lebih kecil tentunya performanya berkurang, karena kapasitas penyimpanannya sudah berkurang," tutup Aji.

Sebagaimana diketahui, Yamaha Fazzio Hybrid memang mengandalkan sistem kelistrikan aki untuk mendongkrak performanya. Skutik 125 cc itu memiliki Electric Power Assist Start yang memberikan tenaga tambahan di 3 detik tarikan pertama.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.