Mengenal HSTC, Fitur Keselamatan Kelas Premium di Honda ADV160

Mengenal HSTC, Fitur Keselamatan Kelas Premium di Honda ADV160

 

Torsi adalah energi yang dimiliki mesin untuk memutar roda penggerak, tentunya setelah melalui sistem transmisi, baik manual maupun matik.

Besarnya torsi membuat semakin kuatnya dorongan momentum roda untuk berputar. Jika putaran roda terlalu kuat, tentunya akan menjadi selip atau kehilangan daya cengkeram (traksi).

   Baca Juga: Quartararo Bicara Soal Rival dan Alasannya Bertahan di Yamaha

Honda membuat fitur keselamatan yang mencegah kondisi selip saat motor digunakan yakni Honda Selectable Torque Control (HSTC). Dioperasikan dengan sebuah tombol, fitur HSTC dapat diatur sesuai keinginan pengendaranya. Jika ingin torsi kuat, bisa menon-aktifkan fitur ini.

Honda ADV160 2022

HSTC dikendalikan oleh Electronic Contol Unit (ECU) yang bekerja berdasarkan sensor pada tiap roda yang mendeteksi adanya perbedaan kecepatan antara roda depan dengan belakang.

   Baca Juga: Gaya Supermoto, Simak Harga Kawasaki D-Tracker dan KLX230SM Juli 2022!

Lantas, informasi tersebut dikirim ke ECU dan memerintahkan Engine Torque Control (ETC) memutus pengapian mesin. Otomatis mesin akan terhenti sepersekian detik, sehingga penyaluran torsi ke roda belakang terputus untuk meredakan gejala selip yang terjadi.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id