Menuju Elektrifikasi, Pabrikan Motor Jepang Hentikan 20 Model

Menuju Elektrifikasi, Pabrikan Motor Jepang Hentikan 20 Model

 

Industri sepeda motor sedang mengalami pergeseran dalam beberapa dekade mendatang menuju era elektrifikasi. Sederet pabrikan motor pun akan mengubah strateginya secara besar-besaran terkait pengembangan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Diketahui empat pabrikan motor asal Jepang seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki bakal memangkas deretan produk andalannya. Hal ini terkait dengan aturan emisi serta selanjutnya mereka akan melakukan pengembangan kendaraan ramah lingkungan.

   Baca Juga: Kembangkan Motor Listrik Roda Tiga, Honda Kenalkan Striemo

Dilansir dari Nikkei Asia, keempat pabrikan itu bakal memangkas 20 model pada akhir tahun ini atau sekitar 10 persen dari total 190 model yang dijual.

Honda sendiri akan menutup 10 dari 80 model sepeda motornya, termasuk Honda CB400 Super Four dan keluarga Gold Wing juga menjadi salah satu korban.

Yamaha yang sebelumnya sudah membuang supersport YZF-R6, diperkirakan akan juga memensiunkan FJR1300 Tourer. Sementara, Suzuki berpotensi menghentikan lima model termasuk sportbike GSX250R.

pabrik suzuki gsx

Baca Juga: Detail Spesifikasi Lengkap Motor Listrik Quest Atom Alpha

Untuk Kawasaki, mereka sudah punya rencana, yaitu hanya menjual sepeda motor hibrida dan listrik di negara maju pada 2035. Selain itu, juga akan meluncurkan lebih dari 10 model listrik dan hybrid pada 2025.

Seperti diketahui, Jepang memang menetapkan standar emisi yang ketat sejak akhir 2020. Standar ini akan berlaku pada semua model pada November. Aturan tersebut mengikuti ketetapan Euro 5 yang diadopsi Uni Eropa seperti dikenalkan pada Januari 2020. Dalam aturan itu, diamanatkan bahwa emisi nitrogen oksida harus dipangkas hingga 33%.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id