4 Masalah yang akan Terjadi saat Berkendara dengan Ban Kempes

4 Masalah yang akan Terjadi saat Berkendara dengan Ban Kempes

 

Sebelum berkendara alangkah baiknya melakukan pengecekan kondisi motor, termasuk tekanan angin pada ban. Sebab, akan memengaruhi banyak hal seperti kenyamanan saat berkendara. 

Tak jarang pengendara menyepelekan tekanan angin ban. Oleh sebab itu, perlu dipahami akan banyak masalah yang muncul ketika membiarkan berkendara dengan ban yang kempes alias kurang angin. 

   Baca Juga: Dijual Rp 700 Jutaan, Triumph Rilis New Tiger 1200 GT Pro dan Rally Pro

Berikut beberapa masalah yang akan terjadi, seperti dikutip dari laman Baileygeer.

Meningkatkankonsumsibahanbakar 

Boros bensin saat berkendara? Salah satu penyebabnya ternyata bisa dari ban loh! Penting diketahui ban yang kurang angin dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. 

Bukan tanpa alasan, sebab ban akan bekerja lebih ekstra dan memengaruhi kinerja mesin juga. Alhasil, bahan bakar akan lebih boros jika terus dibiarkan.

Ban Motor Kurang Angin

Keausantidakmerata 

Berkendara dengan kondisi ban kurang angin dapat mengakibatkan keausan tapak tidak merata. Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara dan membuat Anda merogoh kocek lebih awal untuk menggantinya.

   Baca Juga: Tak Perlu ke Bengkel, Kini Servis Motor Yamaha Bisa Langsung Di Rumah

Pencemaranudara 

Hal ini terkait dengan penggunaan bahan bakar yang boros. Artinya, akan banyak asap yang keluar dari knalpot kendaraan disebabkan setiap pengendara lebih banyak memainkan gas karena kondisi kendaraan yang lebih berat. 

Usialebihcepat 

Tak mau merogoh kocek lebih dalam? Pengecekan rutin penting dilakukan. Perlu diketahui berkendara dengan ban yang kurang angin dapat mengurangi masa usia tapak ban hingga 25 persen. 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id