4 Masalah yang akan Terjadi saat Berkendara dengan Ban Kempes

4 Masalah yang akan Terjadi saat Berkendara dengan Ban Kempes
Jumat, 1 Juli 2022 08:00
Afrizal Abdul Rahman

Sebelum berkendara alangkah baiknya melakukan pengecekan kondisi motor, termasuk tekanan angin pada ban. Sebab, akan memengaruhi banyak hal seperti kenyamanan saat berkendara. 

Tak jarang pengendara menyepelekan tekanan angin ban. Oleh sebab itu, perlu dipahami akan banyak masalah yang muncul ketika membiarkan berkendara dengan ban yang kempes alias kurang angin. 

   Baca Juga: Dijual Rp 700 Jutaan, Triumph Rilis New Tiger 1200 GT Pro dan Rally Pro

Berikut beberapa masalah yang akan terjadi, seperti dikutip dari laman Baileygeer.

Meningkatkan konsumsi bahan bakar 

Boros bensin saat berkendara? Salah satu penyebabnya ternyata bisa dari ban loh! Penting diketahui ban yang kurang angin dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. 

Bukan tanpa alasan, sebab ban akan bekerja lebih ekstra dan memengaruhi kinerja mesin juga. Alhasil, bahan bakar akan lebih boros jika terus dibiarkan.

Ban Motor Kurang Angin

Keausan tidak merata 

Berkendara dengan kondisi ban kurang angin dapat mengakibatkan keausan tapak tidak merata. Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara dan membuat Anda merogoh kocek lebih awal untuk menggantinya.

   Baca Juga: Tak Perlu ke Bengkel, Kini Servis Motor Yamaha Bisa Langsung Di Rumah

Pencemaran udara 

Hal ini terkait dengan penggunaan bahan bakar yang boros. Artinya, akan banyak asap yang keluar dari knalpot kendaraan disebabkan setiap pengendara lebih banyak memainkan gas karena kondisi kendaraan yang lebih berat. 

Usia lebih cepat 

Tak mau merogoh kocek lebih dalam? Pengecekan rutin penting dilakukan. Perlu diketahui berkendara dengan ban yang kurang angin dapat mengurangi masa usia tapak ban hingga 25 persen. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.