Pertamina Buka Suara Soal RON Pertalite Hanya 86

Pertamina Buka Suara Soal RON Pertalite Hanya 86
Minggu, 9 Oktober 2022 16:50
Afrizal Abdul Rahman

Kabar Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite menjadi lebih boros saat digunakan membuat banyak asumsi beredar di tengah masyarakat. Ditambah, rumor yang tersebar di media sosial terkait pengukuran angka oktan atau RON dari salah satu jenis BBM Pertamina tersebut. Dari gambar yang beredar, Pertalite dengan RON 90 memiliki angka yang berbeda setelah dilakukan pengetesan, yakni hanya 86.

   Baca Juga: Dibanderol Rp 98 Juta, Intip Detail Spesifikasi SMOTO TC-MAX

Menanggapi hal tersebut, Pertamina buka suara melalui Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting. Irto pun memberikan penjelasan saat dihubungi OtoRider pada Minggu (9/10).

Pertamina

"Alat pengujian RON yang akurat harus mengacu kepada metode standar seperti ASTM RON method, dimana seluruh proses pengujian dapat divalidasi dan alat yang digunakan selalu dikalibrasi," katanya.

Lebih lanjut Irto mengatakan pada gambar tersebut Pertamina tidak dapat memastikan alat yang digunakan dalam pengujian. "Jika alat yang digunakan tersebut adalah Oktan Analyzer Portable, alat tersebut juga harus terbukti sudah terkalibrasi menggunakan certified reference material secara berkala," tambahnya. 

   Baca Juga: Simak! Begini Cara Bayar Denda Tilang Elektronik

Irto menjelaskan Lemigas sendiri sudah menguji enam sampel Pertalite di SPBU wilayah Jakarta. Lantas, apa hasil yang didapatkan dari pengujian? 

"Seluruh sample menunjukkan hasil atau spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan Dirjen Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.