Suspensi Upside Down Motor Honda Ada 3 Jenis, Apa Bedanya?

Suspensi Upside Down Motor Honda Ada 3 Jenis, Apa Bedanya?

 

Suspensi depan motor umumnya memiliki dua tipe, yakni teleskopik dan Upside Down (USD) atau juga dikenal sebagai Inverted Telescopic Front Suspension. Pada tipe USD sendiri ternyata mempunyai tiga jenis yang berbeda. Lantas, apa saja jenis suspensi depan USD tersebut dan seperti apa bedanya?

   Baca Juga: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga BBM, Apa Saja?

Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) memberikan penjelasan lengkap. Ia mengatakan suspensi USD Honda terdapat beberapa jenis, khususnya di segmen motor sport.

Honda CBR250RR SP Quisck Shifter

Pertama, Inverted Telescopic Front Suspension Type Catridge. Suspensi jenis ini mempunyai keunggulan stabilitas yang tinggi saat cornering, tetapi nyaman juga saat digunakan di jalanan yang kurang baik. Honda CBR250RR dan CRF250 Rally merupakan motor yang menggunakan suspensi tersebut.

Selanjutnya terdapat Inverted Telescopic Front Suspension Type SFF (Separate Function Front Fork). Jenis suspensi ini diklaim memberikan kinerja yang sangat baik dan cukup kuat. Selain itu, minim gesekan dengan menerapkan teknologi satu spring/pegas serta biasanya diterapkan pada motor sport adventure. Honda CRF150L merupakan model yang menggunakannya.

All New Honda CB150R Streetfire 2021

   Baca Juga: Ternyata Ini Fungsi Melubangi Mangkok Kampas Ganda Motor Matic

Ketiga adalah Inverted Telescopic Front Suspension Type SFF-BP (Separate Function Front Fork - Big Piston). Suspensi ini memiliki keunggulan lebih responsif dan stabilitas breaking yang lebih bagus. Biasanya jenis suspensi ini diterapkan pada motor city sport, seperti Honda CBR150R, CB150X, dan CB150R Streetfire.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id