Satu Motor Habiskan 305 Liter Bensin per Tahun, Penjualan Dibatasi?

Satu Motor Habiskan 305 Liter Bensin per Tahun, Penjualan Dibatasi?
Senin, 12 September 2022 12:00
Gemilang Isromi Nuar

Saat ini motor belum terimbas penggunaan aplikasi MyPertamina yang membatasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi Pertalite. Namun, dengan naiknya anggaran subsidi BBM, Pemerintah berencana akan membatasi penjualan kendaraan yang menggunakan bensin.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya, kenaikan jumlah penggunaan kendaraan bermotor yang menggunakan BBM berimplikasi kepada kenaikan subsidi. 

   Baca Juga: Oliveira Akui Ada Peran Vinales yang Jadi Alasannya Pindah ke Aprilia

"Saya menemukan data yang dihitung oleh Industri Kendaraan Bermotor bahwa secara rata-rata konsumsi BBM untuk satu unit mobil mencapai 1.500 liter/tahun dan 305 liter/tahun untuk motor," ujar Luhut dalam unggahan Instagram-nya, Sabtu, (10/9).

Luhut Kendaraan BBM

       Baca Juga: Harga Rp 85 Jutaan, Apa Keunggulan dari Segway E200P?

Dengan data itu, Luhut juga meminta tim teknis yang terdiri dari lintas Kementerian dan Lembaga agar menerapkan pembatasan penjualan kendaraan BBM.

"Negara lain, yang sudah lebih dahulu menerapkan kebijakan pembatasan penjualan kendaraan berbahan bakar fosil demi mendorong percepatan adaptasi penggunaan EV sehingga kebijakan tersebut bisa cepat kita adopsi disini," kata Luhut.

Motor listrik

Selain bertujuan mengurangi ketergantungan pemakaian BBM bersubsidi, kebijakan tersebut juga untuk mengurangi emisi CO2 yang ditargetkan dapat turun sebesar 40 juta ton pada 2030. Kendati demikian, dia pun menyadari pemerintah masih memiliki sejumlah tantangan untuk percepatan penggunaan kendaraan listrik di masyarakat, mulai dari perbedaan harga, regulasi, hingga ketersediaan pilihan kendaraan.

Bicara soal motor listrik, beragam merek di Indonesia memang memiliki harga yang tergolong masih sangat tinggi. Namun, OtoRider juga sudah merangkum pilihan motor listrik di bawah Rp 30 jutaan yang bisa Anda klik di tautan ini Enggak Mahal! 4 Motor Listrik Ini Harganya Mulai Rp 20 Jutaan

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.