Ternyata Ini Fungsi Melubangi Mangkok Kampas Ganda Motor Matic

Ternyata Ini Fungsi Melubangi Mangkok Kampas Ganda Motor Matic

 

Salah satu masalah yang sering timbul di motor matic ialah pada bagian komponen CVT. Makanya, saat ini berbagai modifikasi di bagian CVT dilakukan oleh para mekanik, seperti melubangi mangkok kampas ganda. Lantas, apa fungsi dari melubangi mangkok kampas ganda?

Ivan selaku pemilik YR Custom yang merupakan bengkel spesialis CVT matic menjelaskan, salah satu fungsi dari melubangi mangkok kampas ganda ialah dapat mengurangi beban. “Dengan melubangi pasti bobot mangkok jadi lebih ringan, bisa meningkatkan akselerasi jika ringan,” ucap Ivan saat disambangi OtoRider di Jalan Alternatif Cibubur, Bekasi, Jawa Barat.

   Baca Juga: Bingung Pilih Suzuki Satria F150 atau Honda Sonic 150R? Ini Harganya

Kemudian, fungsi yang kedua dari melubangi mangkok kampas ganda yaitu pendinginan. “Dengan melubangi mangkok kampas ganda akan membuat mangkok melepas hawa panas lebih cepat. Karena, melalui lubang-lubang aliran udara yang masuk ke kampas ganda jadi lebih banyak,” ujar Ivan.

Fungsi Dari Melubangi Mangkok Kampas Ganda Motor Matik

   Baca Juga: Ikuti Sesi Tes Misano 2022, Bagaimana Komentar Marc Marquez?

Selain itu, fungsi yang ketiga dari melubangi mangkok kampas ganda yakni bisa membuang debu dari sisa pemakaian kampas ganda. “Karena adanya lubang di mangkok kampas ganda membuat kotoran dari kampas ganda keluar dan bisa meminimalisir timbulnya gredek,” jelasnya.

Sistem kerja mangkok yang berputar membuat debu yang bersarang keluar. Namun, untuk membuat lubang pada mangkok ganda juga tidak bisa sembarangan. Jarak antar lubang harus dibuat presisi agar keseimbangan dan kekuatan mangkok tidak berkurang.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id