Tips Merawat Transmisi Motor Manual, Lakukan Hal Ini!

Tips Merawat Transmisi Motor Manual, Lakukan Hal Ini!

 

Perawatan motor berkala perlu dilakukan oleh setiap pengendara. Selain mesin, sejumlah komponen lain membutuhkan pengecekan hingga penggantian sesuai usia pemakaian. Salah satu bagian yang juga memerlukan perawatan adalah sistem transmisi.

Transmisi pada motor umumnya terdiri dari dua tipe, yakni otomatis atau matic dan manual. Lantas, bagaimana cara merawat transmisi pada motor manual? Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah-Yogyakarta) pun membagikan beberapa tips perawatan melalui rilis resminya.

   Baca Juga: Bingung Mau Honda Vario 160 atau Yamaha Aerox? Simak Harga Barunya!

Pada motor dengan transmisi manual terdapat kopling. Komponen ini berfungsi sebagai pemutus dan penyambung tenaga atau putaran dari mesin ke transmisi. Kopling juga membantu agar perpindahan gigi menjadi halus. Selanjutnya, putaran tersebut diteruskan ke final gear untuk menggerakkan roda yang biasanya dihubungkan dengan rantai.

Yamaha All New R15 Connected dan All New R15 Connected-ABS

Untuk merawat transmisi motor manual tersebut, hal yang pertama perlu dilakukan adalah rutin melakukan penggantian oli mesin beserta saringannya. Kemudian, gunakan oli mesin yang sesuai rekomendasi pabrikan.

   Baca Juga: Servis Motor Honda di Jawa Barat Diskon 17 Persen Selama Agustus

Ketiga, lakukan perawatan pada komponen pemindah daya. Caranya, dengan penyetelan pada tuas kopling serta ganti kampas kopling saat sudah tidak bisa disetel. Langkah selanjutnya, cek kondisi rantai. Jika kotor, bersihkan dan berikan cairan pelumas rantai. 

Cek juga kekencangan rantai dan kondisi final gear. Apabila mengalami keausan, segera ganti. Disarankan lebih baik lakukan penggantian satu set (gear dan rantai). Terakhir, selalu gunakan suku cadang asli pabrikan.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id