Vespa Batik Resmi Diluncurkan, Apa Istimewanya?

Vespa Batik Resmi Diluncurkan, Apa Istimewanya?
Selasa, 13 Desember 2022 23:00
Ruslan Abdul Gani

PT Piaggio Indonesia resmi meluncurkan Vespa Batik pada Selasa (13/12). Skuter berbalut ciri khas budaya Indonesia tersebut dikenalkan bersamaan dengan peresmian pabrik di Cikarang, Jawa Barat pada akhir November lalu.

Vespa ini sepenuhnya terinspirasi oleh negara dan budaya sebagai persembahan spesial untuk masyarakat Indonesia. Vespa Batik edisi spesial itu diklaim sebagai wujud kreativitas PT Piaggio Indonesia bersama rumah desain batik premium, Iwan Tirta Private Collection yang mengemban misi mulia untuk melestarikan warisan batik melalui desain yang premium dan inovatif.

   Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Sebenarnya Suzuki Mundur dari MotoGP

Vespa LX 125 Batik

Marco Noto La Diega selaku Country Head PT Piaggio Indonesia mengatakan Vespa Batik adalah karya seni Italia dan Indonesia yang sesungguhnya. Model ini dipersembahkan bagi bangsa Indonesia untuk merayakan keberagaman budaya yang disatukan oleh perspektif warisan modern melalui Vespa dan desain Batik.

"Perpaduan ini menjadi manifestasi sempurna bagi masyarakat Indonesia yang menjadi pengingat bagaimana PT Piaggio Indonesia akan terus berkomitmen, relevan, dan sepenuh hati melayani pelanggan setia kami di Indonesia, baik di masa lalu, sekarang, dan masa depan," ujar Marco.

Vespa LX 125 Batik

Pola yang disematkan pada Vespa Batik merupakan adaptasi dari pola tradisional “Tambal Jagad”. Pola ini memiliki makna filosofis yang mendalam dengan menggambarkan kolase berbagai pola batik tradisional, yang terinspirasi dari beragam latar belakang dan budaya sekaligus mewakili Indonesia sebagai negara kepulauan. Lalu, apa yang istimewa dari Vespa Batik ini?

   Baca Juga: Pantauan Harga Baru Kawasaki W175 dan Yamaha XSR 155 per Desember 2022

Vespa tersebut memiliki corak batik istimewa dengan menampilkan perpaduan 7 pola tradisional yang melambangkan keragaman budaya dari Sabang sampai Merauke, juga mewakili luas wilayah Indonesia dari Barat ke Timur. Adapun, ketujuh motif dan filosofi batik tersebut adalah:

• Sokowani – dari area Sumatra: simbol pesona dan kharisma
• Megamendung – dari Jawa Barat: simbol kemakmuran dan sumber kehidupan
• Kawung – dari Jawa Tengah: simbol kepemimpinan dan kebijaksanaan
• Perisai – dari area Kalimantan: simbol perlindungan dan kegigihan
• Poleng – dari Bali: simbol keseimbangan hidup
• Tenun Ikat Menjangan – dari area Nusa Tenggara: simbol penghormatan kepada leluhur
• Ayam Kasuari – dari area Papua: simbol kekuatan dan umur panjang

Vespa Batik ditawarkan satu set lengkap dengan Genuine Vespa Batik Helmet dan top box berwarna dasar Green Relax yang dikagumi oleh semua penggemar Vespa.

Di segi performa, mesinnya sama seperti Vespa LX125 i-get, yakni 125 cc satu silinder 3-valve. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 10,1 dk pada 7.600 rpm dan torsi 10,2 Nm pada 6.000 rpm. Vespa Batik dibanderol seharga Rp 77 juta On The Road Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.