Yamaha Akan Kembangkan Airbag untuk Motor Mulai Akhir Tahun Ini

Yamaha Akan Kembangkan Airbag untuk Motor Mulai Akhir Tahun Ini

 

Kegunaan airbag tak hanya pada mobil, tetapi juga sudah diaplikasi di motor. Salah satunya seperti yang dikembangkan Piaggio dan produsen airbag, Autoliv di tahun lalu. Hal tersebut menggelitik para insinyur di pabrikan Yamaha dan berencana mengembangkan airbag buatan sendiri untuk diaplikasikan pada produknya.

"Ya, kami sedang mempertimbangkan airbag untuk sepeda motor. Sudah beberapa perusahaan telah menyatakan membuatnya dan beberapa lainnya bersama-sama melakukan perkembangan airbag ini. Saya yakin beberapa sudah ada di pasar, dan kami juga mengembangkannya. Tapi kami tidak dapat membuat peta jalan peluncurannya sekarang, ” ujar Heiji Maruyama, Chief General Manager Yamaha Technical Research and Development Center, Yamaha Motor, Co., Ltd.

   Baca Juga: Alasan Motor Listrik China Akan Kalah dengan Pabrikan Jepang

Maruyama mengatakan tentu banyak perbedaan antara airbag yang digunakan pada mobil dan motor. Seperti misalnya dimensi berbeda, tak ada seatbelt seperti pada pengendara mobil serta pengendara motor kerap bergerak di atas jok ketimbang pengemudi maupun penumpang mobil. Tentunya akan lebih sulit menentukan perangkat keselamatan penunggang motor ini seperti dilansir rideapart.

Yamaha YZR-M1 2021

Meski begitu, menurut Maruyama jika diperlukan akan melibatkan beberapa faktor. Yamaha pun bakal mengusahakan yang terbaik. Seperti yang sudah digaungkan oleh Honda yang menyatakan nol kematian karena kecelakaan pada 2050, Yamaha pun turut mendukungnya.

   Baca Juga: Lebih Mahal Honda Vario 160 atau Yamaha Aerox 155? Berikut Harganya

"Tujuan kami adalah mengintegrasikan teknologi ke dalam mesin kecil dan secara teknis, kami telah mencapai tahap yang sangat matang. Meskipun masih belum jelas kapan atau bagaimana Yamaha dapat membagikan perkembangan tersebut kepada publik, kami berharap dapat melihat kemajuan yang telah dibuat oleh Tim Biru dalam waktu yang tidak lama lagi," ungkapnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id