Yamaha Kembangkan Fitur Power Steering untuk Motor

Yamaha Kembangkan Fitur Power Steering untuk Motor
Jumat, 15 Juli 2022 20:45
Benny Averdi

Berkendara motor tentu memerlukan kualitas fisik yang baik. Pengendara harus dapat berkonsentrasi agar bisa selamat di jalan. Nah, supaya dapat berkonsentrasi dengan baik, badan pun perlu dijaga agar tidak terlalu letih.

Salah satu perangkat atau fitur yang dibuat untuk mengurangi tingkat kelelahan berkendara adalah Power Steering. Fitur ini sendiri tengah dikembangkan oleh Yamaha. Ya, memang tak hanya mobil yang membutuhkan perangkat yang meringankan beban tangan tersebut.

   Baca Juga: Indikasi Shockbreaker Motor Sudah Perlu Diganti, Cek 2 Fungsi Ini!

Yamaha pertama kali mengembangkan Power Steering ini pada motor untuk motocross, meski kemudian pengembangannya bisa digunakan pada model lain.

Yamaha tracer 700

Teknologi ini terinspirasi sepeda elektrik yang memakai motor listrik sebagai bantuan untuk meringankan pedal. Cara kerjanya berdasarkan beban yang diperoleh. Semakin besar bebannya, maka bantuan dorongan dari motor listrik pun semakin besar.

   Baca Juga: Waktu Inden dan Harga Honda ADV160 di Jakarta-Tangerang, Berapa Lama?

Prinsip tersebut digunakan pada Power Steering ini. Ketika beban untuk membelokkan setang semakin berat, maka servo magnetostrictive torque tersebut akan memberikan bantuan lebih besar lagi. Ini yang terjadi di kecepatan rendah.

Ketika kecepatan tinggi, setang akan terasa lebih berat guna mendukung stabilitas serta menahan hal-hal eksternal yang memungkinkan membuat setang bergerak di luar keinginan pengendara.

Sumber: Motorcyclenews

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.