Indikasi Shockbreaker Motor Sudah Perlu Diganti, Cek 2 Fungsi Ini!

Indikasi Shockbreaker Motor Sudah Perlu Diganti, Cek 2 Fungsi Ini!
Kamis, 14 Juli 2022 12:30
Thio Pahlevi

Suspensi atau shockbreaker motor berfungsi untuk meredam guncangan saat melintasi berbagai macam kondisi jalan. Serupa seperti komponen lain, shockbreaker juga memerlukan perawatan bahkan penggantian secara berkala. Lalu, apa indikasi shockbreaker motor sudah perlu diganti?

Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora memberikan penjelasan lengkapnya. Ia mengatakan guna memastikan kondisi shockbreaker apakah sudah harus diganti atau belum bisa dilihat salah satunya dari segi fungsi.

   Baca Juga: GALERI: Modifikasi Honda ADV160 Versi Street Sporty

Indikasi pertama, shockbreaker terasa keras atau tidak bisa menyerap getaran saat motor dikendarai dan menerima guncangan akibat kondisi jalan yang tidak rata.

All New Honda Vario 160

Selanjutnya, indikasi kedua bisa diketahui dengan cara menaikan standar tengah dan samping. Tegakkan posisi motor Anda, lalu tekan dengan tenaga yang cukup kuat beberapa kali pada area behel belakang sambil memerhatikan respon suspensi motor anda.

   Baca Juga: Tak Perlu Inden Lama, Honda ADV160 Sudah Tersedia di Jakarta-Tangerang

Ade mengatakan suspensi dianggap masih layak pakai apabila mampu menyerap dan menahan tekanan tersebut. Selain itu, suspensi bisa kembali ke posisi semula tanpa adanya pantulan tambahan setelah ditekan beberapa kali. Jika respon yang diterima justru sebaliknya, artinya shockbreaker sudah harus diganti.

"Pemakaian shockbreaker tidak memiliki patokan kapan harus diganti. Namun, jika perawatannya dijaga secara rutin, akan memperpanjang umur pemakaian," jelas Ade.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.