2023, Industri Otomotif Indonesia Masih Dibayangi Krisis Chip Semikonduktor

2023, Industri Otomotif Indonesia Masih Dibayangi Krisis Chip Semikonduktor
Minggu, 29 Januari 2023 11:00
Gemilang Isromi Nuar

Pada 2022 Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat penjualan motor domestik mencapai 5,22 juta unit. Jumlah tersebut telah berhasil melebihi target minimal yang ditetapkan AISI, yakni 5,1 juta unit.

Namun, tampaknya penjualan motor di Indonesia pada 2023 akan mengalami gangguan. Pasalnya, kelangkaan chip semikonduktor kemungkinan masih dirasakan sebagian besar produsen otomotif di Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

"Saya dengar kabar kurang bagus bahwa chip semikonduktor akan mengalami kelangkaan lagi. Saya juga dapat kabar bahwa ada kebakaran besar pabrik di China dan tak tahu bagaimana dampaknya untuk Indonesia,” ujar Nangoi saat sesi konferensi pers GJAW di Jakarta, Kamis (26/1).

   Baca Juga: Atasi Kelangkaan, Kemenperin Percepat Bangun Industri Chip Semikonduktor Lokal

chip semi konduktor

Ia menambahkan saat semua kendaraan bermotor belum menggunakan listrik seutuhnya, yang mana membuka jendela hingga mengunci pintu masih manual, pengaruh chip belum dirasakan. Semuanya berubah semenjak hadirnya kendaraan listrik. Sebab chip semikonduktor berperan besar dalam beroperasinya mobil serta motor listrik tersebut.

"Kendaraan listrik pakai part ini cukup banyak. Sebabnya kita mendekatkan diri ke para pengusaha chip semikonduktor agar mendapatkan kuota lebih lagi,” papar Nangoi.

   Baca Juga: Sempat Dilanda Krisis Chip, Penjualan Motor Tembus 5,2 Juta Unit

New Honda Vario 125 2022

Namun, ia berharap kelangkaan chip nanti tidak terlalu berdampak bagi industri otomotif Tanah Air. Pasalnya, beberapa negara yang membuat chip semikonduktor saling berhubungan menyalurkan hasil produksinya ke seluruh dunia.

Sebelumnya akibat krisis chip ini, PT Astra Honda Motor yang merupakan salah satu industri motor di Indonesia, turut merasakan kelangkaan chip semikonduktor. Sehingga, proses produksi motor Honda tidak bisa optimal di tengah tingginya permintaan untuk beberapa tipe produk, termasuk di antaranya tipe yang sedang populer di Tanah Air seperti Scoopy hingga Vario.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.