Sempat Dilanda Krisis Chip, Penjualan Motor Tembus 5,2 Juta Unit

Sempat Dilanda Krisis Chip, Penjualan Motor Tembus 5,2 Juta Unit
Kamis, 12 Januari 2023 12:00
Gemilang Isromi Nuar

Di Indonesia, motor masih menjadi alat transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat. Secara populasi tentu jauh lebih banyak dibandingkan mobil.

Tidak heran jika pada 2022, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat penjualan motor domestik mencapai 5,22 juta unit. Jumlah tersebut telah berhasil melebihi target minimal yang ditetapkan AISI, yakni 5,1 juta unit.

   Baca Juga: Royal Enfield Uji Coba Motor Anyar, Mesin 450 cc Pendingin Cairan

Penjualan Motor

Angka ini meningkat seiring redanya kasus Covid-19. Pada awal 2020 lalu, penjualan motor di Tanah Air terjun bebas, sehingga hanya mampu menjual 3.660.616 unit motor. Padahal di 2019, penjualan motor di Indonesia tembus 6.487.460 unit. Lalu pada 2018, mencatatkan angka penjualan 6.383.108 unit.

Pada 2022, motor jenis skutik masih mendominasi penjualan. "Motor skutik dengan porsi 87,94%, disusul motor bebek 6,21%, dan yang paling kecil motor sport dengan persentase 5,85%," tulis data yang disampaikan AISI, Rabu (11/1).

Penjualan Motor

Padahal di 2022 juga sempat terjadi kelangkaan chip semikonduktor yang menjadi penyebab terganggunya industri, salah satunya produksi motor. Akibat dari hal tersebut, banyak pabrikan motor yang kehabisan stok kendaraannya, sehingga pembeli harus inden dalam jangka waktu lama.

   Baca Juga: Harga Baru Honda Supra GTR dan Yamaha MX King (Januari 2023)

Namun, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mempercepat pembangunan ekosistem industri semikonduktor di dalam negeri, sebagai upaya memenuhi kebutuhan pasar domestik yang kian melonjak.

"Pembangunan ekosistem industri semikonduktor sejalan dengan target Making Indonesia 4.0. Oleh karena itu, kami kerahkan kemampuan bangsa dari ahli elektronik hingga mikroelektronik," kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier dikutip dari Kemenperin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.