Angka Penjualan Motor Meningkat, Skutik Masih yang Terlaris

Angka Penjualan Motor Meningkat, Skutik Masih yang Terlaris
Senin, 12 Juni 2023 20:00
Gemilang Isromi Nuar

Setelah sempat mengalami penurunan pada April, kini penjualan motor di Tanah Air melesat naik 33 persen pada Mei. Hal itu diketahui melalui data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada Senin (12/6), yang mana penjualan motor mencapai 529.771 unit sepanjang Mei, lebih tinggi dari April yang hanya 354.323 unit.

Lesunya penjualan motor pada April, lantaran bulan itu merupakan masa Ramadan dan Lebaran. Aktivitas produsen, pemasaran, dan penjualan diklaim tak optimal sebab terpotong hari libur dan pengurangan jam kerja.

Dari data tersebut juga diketahui, jenis pasar motor di Indonesia masih dikuasai skutik yakni sebesar 89,75 persen atau sekitar 2,43 juta unit. Sementara model lainnya, underbone 5,27 persen (142 ribu unit) dan sport 4,98 persen (134 ribu unit).

   Baca Juga: Ajang CustoMAXI x Yard Built 2023 Digelar, Kualitas Semakin Meningkat

Sementara itu, ekspor motor dari dalam negeri juga mengalami kenaikan sebanyak 55.743 unit pada Mei 2023. 54,04 persen motor yang diekspor merupakan jenis skuter. Jenis sport dan underbone masing-masing sebesar 24,90 persen dan 21,06 persen. Pada April lalu, jumlah ekspor hanya mencapai 41.201 unit.

Berkendara Musim Hujan

Sepeda motor sendiri masih menjadi primadona sebagai kendaraan pribadi masyarakat Indonesia. Bahkan, menempati urutan ketiga dalam pengguna kendaraan roda dua.

   Baca Juga: 7 Perbedaan Vespa GTS Super Tech Baru dan Lama

Dikutip dari indonesiabaik.id, urutan pertama terdapat Thailand. Menurut Pusat Penelitian Pew, 87% rumah tangga di negara itu memiliki setidaknya satu sepeda motor.

Kemudian, ada Vietnam dengan 86% rumah tangga di negara ini memiliki setidaknya satu sepeda motor. Diperkirakan ada 45 juta sepeda motor di Vietnam. Sementara di Indonesia, sekitar 85 persen rumah tangga mempunyai setidaknya sebuah sepeda motor. Menurut survei AISI, jumlah motor di Tanah Air mencapai 80 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.