Apa Benar Subsidi Motor Listrik Bikin Jalanan Tambah Macet?

Apa Benar Subsidi Motor Listrik Bikin Jalanan Tambah Macet?
Jumat, 10 Maret 2023 12:30
Ruslan Abdul Gani

Kebijakan pemerintah mengenai subsidi motor listrik sebesar Rp7 juta per unit akan mulai berlangsung pada 20 Maret 2023. Insentif ini nantinya diberikan kepada 200.000 unit motor listrik dan 50 ribu unit motor konversi. 

Sebelumnya, rencana pemerintah memberikan insentif atau subsidi motor listrik menjadi sorotan. Dengan adanya subsidi ini, pengamat menilai hanya akan menimbulkan masalah seperti menambah kemacetan.

   Baca Juga: Mengapa Hanya Volta, Gesits, dan Selis yang Mendapat Bantuan Subsidi Motor Listrik?

"Sesungguhnya kebijakan yang tengah diformulasikan pemerintah saat ini masih kurang tepat, karena bisa menimbulkan masalah baru seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Ada baiknya kebijakan tersebut ditinjau ulang disesuaikan dengan kebutuhan dan visi ke depan transportasi Indonesia," ujar Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata serta Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI beberapa waktu lalu.

Motor Listrik Gesit Raya Resmi Meluncur di IIMS 2023

Namun, Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) menyatakan kehadiran subsidi motor listrik tidak akan menambah kemacetan. Memang diakui nantinya pada tahap awal masyarakat menambah kendaraan baru, bukan menggantikan yang lama. 

"Memang idealnya membeli motor listrik untuk menggantikan yang lama. Tetapi kalau pun ada dua sepeda motor di rumah, kan dua-duanya tak dipakai secara bersamaan," kata Ahmad Safrudin, Direktur Eksekutif KPBB saat konferensi pers bertajuk Welcome Subsidi Motor Listrik.

Selis GIIAS 2019

   Baca Juga: Segera Dibuka, Segini Harga Tiket Gaikindo Jakarta Auto Week 2023

Dalam penjualan atau pasar otomotif, motor listrik hanya akan mengambil sedikit dari total keseluruhan. Motor listrik diklaim memotong market share dari penjualan 7 juta unit per tahun. 

"Jadi tak semata-mata menambah tapi hanya subsitusi. Kalaupun penjualan naik, berarti permintaannya yang meningkat. Jadi dalam konteks populasi, kendaraan listrik tidak akan membuat macet. Jangan dibuat mitos seperti itu. Tanpa motor listrik juga jalanan juga sudah macet," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.