Berhenti di Jalur Menurun yang Panjang, Perhatikan Spion!

Berhenti di Jalur Menurun yang Panjang, Perhatikan Spion! Pentingnya fungsi kaca spion saat berkendara di jalan raya.
Sabtu, 30 September 2023 10:00
Benny Averdi

OTORIDER - Kejadian kendaraan besar mengalami rem blong saat berhenti di traffic light dan akhirnya menabrak pengguna jalan lain kembali terulang. Tetapi, bukan berarti pengendara hanya bisa pasrah jika ada kendaraan besar yang tidak dapat berhenti.

"Bisa melakukan antisipasi, dengan memperhatikan spion untuk mengawasi keadaan di sekitar," ungkap Jusri Pulubuh, pemilik sekaligus Lead Instructor, Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat dihubungi melalui pesan elektronik beberapa waktu lalu.

Ia menyarankan, hendaknya pengendara tetap waspada terhadap situasi di jalan. Karena, jalanan tidaklah aman. Dengan begitu, pengendara bakal selalu berhati-hati dalam berbagai kondisi.

Dengan memperhatikan kondisi sekitar, pengendara menjadi tahu apa yang bisa dilakukan ketika terjadi kondisi berbahaya. 

"Harus tahu jalur yang bisa digunakan, ketika ada kondisi yang berbahaya," ungkap pria 60 tahun itu. Semisal, ada ruang bagi kendaraan yang digunakan untuk menghindar atau dituju, ketika harus 'kabur' dari situasi darurat.

"Usahakan tidak berhenti jangan yang paling belakang, jadi perlu ada 'tameng' berupa kendaraan lebih besar, agar menahan dorongan dari penabrak," ungkapnya.

"Terpenting juga, pastikan kita terlihat oleh pengendara lain seperti halnya kita bisa melihat kendaraan yang lainnya," tutur Erreza Hadian, Instruktur Safety Driving dari lembaga safety driving/riding RDL (Rifat Drive Labs), dalam sebuah kesempatan di Jakarta Barat. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.