Berkenalan dengan 3 Tipe Rangka Motor Yamaha, Ada Apa Saja?

Berkenalan dengan 3 Tipe Rangka Motor Yamaha, Ada Apa Saja?
Rabu, 13 September 2023 13:00
Thio Pahlevi

OTORIDER - Rangka atau sasis menjadi salah satu komponen penting yang ada di motor. Komponen ini memiliki beberapa fungsi penting, seperti penopang keseluruhan struktur serta menentukan handling dari motor itu sendiri. Setiap pabrikan motor tentunya mempunyai tipe rangka masing-masing, antara lain seperti PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Yamaha saat ini menggunakan tiga tipe rangka pada seluruh produk motornya, baik model matic, bebek, maupun sport. Antonius Widiantoro selaku Asst. General Manager Marketing - Public Relation YIMM pun membeberkan apa saja rangka yang digunakan beserta keunggulannya masing-masing.

   Baca Juga: Alami Kecelakaan Karena Rangka eSAF Motor Honda, Bagaimana Nasib Konsumen?

"Ada tiga. Ada Deltabox yang dipakai di R15, kemudian juga di Vixion, di XSR 155. Kemudian ada juga yang Underbone, dipakai di motor bebek, kemudian motor-motor matic. Sama ada yang Diamond. Diamond itu kaya yang dipakai di R25. Bahannya itu carbon steel STK M11A dengan Japan International Standard," ucap Antonius Widiantoro pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Aktivitas kunjungan pabrik produksi motor Yamaha 2023

Antonius Widiantoro menambahkan, setiap rangka memiliki keunggulan tersendiri. Selain itu, rangka ini juga disesuaikan dengan karakter motor. Nah, apa saja keunggulan dari ketiga rangka tersebut?

   Baca Juga: Garansi Motor Honda Rangka eSAF Sudah Habis, Begini Seharusnya Hak Konsumen

"Deltabox itu kan develop-nya dari racing teknologi, kemudian juga dia kan ada campuran sama alumunium juga ya, jadi lebih light. Kemudian juga lebih baik dari sisi rigidity-nya dan stability untuk manuvernya lebih baik. Kalau Underbone, dia di matic, lebih rigid, vibrasinya juga lebih rendah, durability-nya juga oke. Kalau Diamond itu lebih kepada manuvernya yang bagus, kemudian juga mendukung riding feeling. Makanya, disesuaikan dengan karakter motornya, konsep motornya, makanya kami menggunakan rangka yang sesuai," jelasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.