Berkenalan dengan Sarana Parkir Bertingkat, Apa Keunggulannya?

Berkenalan dengan Sarana Parkir Bertingkat, Apa Keunggulannya? Sarana parkir bertingkat untuk motor.
Kamis, 21 September 2023 09:28
Benny Averdi

OTORIDER - Salah satu masalah di kota besar adalah sarana parkir yang semakin berkurang. Terutama, untuk pengguna roda dua. Parkiran motor, meski diletakkan pada sentra parkir, masih terkesan berantakan.

Hal itu mendorong sebuah perusahaan berbasis IT, untuk membuat sarana parkir motor yang lebih pantas dan aman. "Malah cita-cita kami adalah membangun ekosistem yang saling menunjang dengan apa yang dibutuhkan pengguna roda dua," ujar Unggul Depirianto, Chief Technology Officer PT Solusi Parkir Nusantara.

Ia bersama rekan-rekannya membuat stasiun parkir bertingkat yang membuat lahan parkir menjadi efisien dengan nama Soul Parking. "Ada delapan tingkat dengan 30 motor per lantai, jadi bisa menampung 240 motor," katanya.

soul
Sarana parkir bertingkat Soul Parking di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. (OtoRider)

Jika memperhatikan konstruksinya, seperti yang dijumpai OtoRider di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, parkir bertingkat ini terbagi tiga bagian. Kiri dan kanan menjadi rak parkir, sementara bagian tengah sebagai lift pengangkut motor yang akan dimasukkan ke dalam rak-rak tersebut.

"Sudah cukup lama saya gunakan fasilitas Soul Parking ini, karena caranya mudah dan tentunya alasan keamanan juga," terang Rusli, karyawan yang bekerja di Mall pada kawasan tersebut.

Kemudahan akses dan pembayaran juga membuatnya menjadi 'langganan' menitipkan motor di situ. "Saya belum menjadi member di Soul Parking, tetapi saat kerja taruh motor di sini, karena gampang, bayar pun mudah, bisa cash atau pakai uang elektronik, bisa," katanya.

Dengan membayar Rp 7 ribu untuk 12 jam atau member Rp 140 ribu/bulan, pengguna sarana parkir ini cukup puas dengan fasilitas yang ada. "Rasanya lebih aman, malah sempat kunci ketinggalan pun masih utuh," terang karyawan grup restoran itu.

"Memang, kami mengutamakan keamanan dengan sistem seperti itu, karena tidak semua orang bisa masuk ke dalam ruang parkir, karena ada petugas khususnya," kata Unggul. 

soul
Sarana parkir bertingkat Soul Parking di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. (OtoRider)

Ia juga mengatakan, tersedia generator untuk suplai listrik ketika padam. "Ada back up dari genset untuk suplai listrik darurat," ungkapnya.

Ia pun memberikan kesempatan bagi pemilik lahan yang ingin bekerja sama membuat sistem parkir bertingkat itu. "Minimal lahan 100 meter persegi, bisa dibuat fasilitas Soul Parking dengan berbagai skema kerja sama," ungkap lelaki bertubuh jangkung itu.

Bahkan, jika lahannya cukup besar, bisa dibuat semacam ekosistem. "Di lingkungan parkir itu, ada tempat tambal ban, jasa cuci helm, bahkan pedagang motor bekas pun bisa," lanjutnya. Saat ini Soul Parking sudah ada di beberapa tempat di Jakarta dan Bali. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.